Maarten Paes Siap Wujudkan Mimpi Indah 275,5 Juta Orang Indonesia
Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang mencatatkan debut ciamiknya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram/@maartenpaes)
22:12
8 Oktober 2024

Maarten Paes Siap Wujudkan Mimpi Indah 275,5 Juta Orang Indonesia

Maarten Paes tegaskan ia punya ambisi dan misi besar bersama Timnas Indonesia. Kiper FC Dallas itu punya keinginan mewujudkan mimpi indah 275,5 juta orang Indonesia yakni bermain di Piala Dunia.

Paes mengatakan bahwa dengan kekuatan Timnas Indonesia saat ini, mimpin itu bisa saja terwujud. Ada keyakinan besar bagi Paes untuk Timnas Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Apalagi kata Paes, perhelatan Piala Dunia 2026 akan berlangsung di Amerika Serikat (AS). Bagi Paes menjadi sangat spesial baginya bisa membela Timnas Indonesia di hadapan orang-orang AS.

Shin Tae Yong soroti performa Maarten Paes usai Timnas Indonesia imbangi Australia. (Instagram/@maartenpaes)Shin Tae Yong soroti performa Maarten Paes usai Timnas Indonesia imbangi Australia. (Instagram/@maartenpaes)

"Saya rasa itu adalah mimpi yang indah. Kita perlu memiliki tujuan besar untuk meraih bintang. Bagi saya, Piala Dunia 2026 di AS akan lebih istimewa, setelah bermain untuk Indonesia dan melihat bagaimana liga dan popularitas sepak bola begitu tumbuh di sini," kata Paes dalam wawancara eksklusif dengan FIFA.

Baca Juga: Senyum Terakhir Nenek Maarten Paes: Dia Bahagia Saya Bela Timnas Indonesia

"Saya rasa itu adalah sesuatu yang benar-benar layak didapatkan oleh suporter dan orang Indonesia, untuk merasakan Piala Dunia," lanjut Paes.

Menurutnya dengan komposisi pemain di Timnas Indonesia, ia cukup yakin ada potensi besar untuk tim Merah Putih bisa berlaga di beberapa edisi Piala Dunia ke depannya.

"Saya rasa jika Anda melihat tim kami, betapa mudanya mereka, dan begitu banyak potensi untuk berkembang di masa depan,"

"Saya yakin kita dapat menantikan beberapa edisi Piala Dunia berikutnya. Ada banyak peluang bagi kami dan sungguh luar biasa untuk menyaksikannya secara langsung," jelas Paes.

Bagi Paes dan rekan-rekannya di tim Merah Putih, membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia adalah sesuatu yang terus dipikirkan setiap dan diusahakan untuk menjadi nyata.

Baca Juga: Maarten Paes Sudah Tiba di Bahrain: Segalanya akan Lebih...

Maarten Paes tepis tendangan penalti Arab Saudi. (Instagram/@maartenpaes)Maarten Paes tepis tendangan penalti Arab Saudi. (Instagram/@maartenpaes)

Paes menceritakan bahwa sebelum ia menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia, sudah ada ikatan batin lewat sang nenek. Menurut Paes, sang nenek adalah orang paling istimewa dalam hidupnya.

"Hubungan dengan Indonesia melalui nenek saya. Ia adalah orang yang sangat istimewa dalam hidup saya," ujar Maarten Paes.

"Nenek saya selalu mengajarkan saya tentang budaya Indonesia. Saya sudah tahu selama beberapa tahun sebelum saya tahu memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia," ungkapnya.

Maarten Paes mengungkapkan bahwa akhir tahun lalu pihak PSSI menghubungi dirinya. Saat itu kesehatan sang nenek menurun drastis. Bagi Paes, momen tersebut jadi kenangan terakhir bersama sang nenek.

"Kabar bahwa saya akan bermain untuk Indonesia membuatnya tersenyum untuk terakhir kalinya. Saya melihat betawa istimewanya hal itu saat saya memberitahunya," kenang Paes.

"Pada akhirnya, itu adalah keputusan yang mudah (membela Timnas Indonesia). Dia meninggal awal tahun ini, jadi dia tidak sempat melihat debut saya," kata Paes.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #maarten #paes #siap #wujudkan #mimpi #indah #2755 #juta #orang #indonesia

KOMENTAR