Kinerjanya Sempat Dikritik Bung Towel, Shin Tae-yong Beri Respons Menohok
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin timnya bertanding di Piala Asia 2023 di Qatar. [Giuseppe CACACE / AFP]
12:30
29 Januari 2024

Kinerjanya Sempat Dikritik Bung Towel, Shin Tae-yong Beri Respons Menohok

Pengamat sepak bola, Tommy Welly atau yang akrab disapa Bung Towel, sempat mengkritik Shin Tae-yong jelang Timnas Indonesia vs Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Dalam sebuah video wawancara yang diunggah kanal YouTube Nalar TV Indonesia, Jumat (26/1/2024), Bung Towel mengulas kembali alasan Shin Tae-yong usai Garuda takluk dari Libya dalam laga uji coba di Turki beberapa waktu lalu.

Bung Towel mempertanyakan metode pelatihan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pasca Garuda takluk dari Libya.

"Yang lucu gini waktu TC (training camp) di Turki, kalah dari Libya, dia (Shin Tae-yong) bilang latihannya masih fisik terus, latihan taktik baru sehari. Lah itu kan agenda dia, kenapa jadi alasan?" kata Bung Towel.

Terkini, Timnas Indonesia telah memainkan laga babak 16 besar Piala Asia 2023. Hasilnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dibantai Australia 0-4 pada Minggu (28/1/2024).

Timnas Indonesia pun resmi tersingkir dari Piala Asia 2023 dengan kepala tegak mengingat mereka telah mencatatkan sejarah baru di ajang ini.

Bung Towel (timnas.co)Bung Towel (timnas.co)

Tim Merah Putih untuk pertama kalinya mampu melangkah ke fase gugur Piala Asia. Sebelum edisi 2023, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Pasca pertandingan kontra Australia, Shin Tae-yong secara tak langsung merespons kritik keras dari Bung Towel perihal metode latihan yang dia terapkan di Timnas Indonesia.

Saat ditanya rahasia perkembangan pesat tim Garuda, Shin Tae-yong menyebut para pemain percaya kepada metode latihan yang dia berikan. Selain itu, Pratama Arhan dan kawan-kawan juga bisa menjalankan taktik dan strategi bermain yang dia instruksikan.

"Salah satu alasan mengapa kami terus menunjukkan kemajuan dan perkembangan adalah karena saya pikir para pemain bermain dengan baik dan para pemain percaya kepada saya sebagai pelatih kepala," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Mereka mengikuti pedoman dan instruksi yang sudah saya berikan," sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Selain itu, STY menyebut mendapat dukungan penuh dari PSSI. Apa yang diinginkannya demi kemajuan tim nasional selalu bisa dituruti federasi.

"PSSI yang merupakan Federasi Sepakbola Indonesia, mereka mendukung saya dengan baik," kata Shin Tae-yong.

"Mereka memberikan banyak kepercayaan kepada saya. Jadi saya ingin berterima kasih kepada PSSI, Federasi Sepakbola Indonesia," tambahnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kinerjanya #sempat #dikritik #bung #towel #shin #yong #beri #respons #menohok

KOMENTAR