Hajar Bahrain, Timnas Indonesia Otomatis Lampaui Vietnam dan Thailand
Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)
18:18
5 Oktober 2024

Hajar Bahrain, Timnas Indonesia Otomatis Lampaui Vietnam dan Thailand

Timnas Indonesia bisa mengukir sejarah andai mengalahkan Bahrain dalam matchday ketiga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) mendatang.

Kemenangan atas Bahrain bakal membuat Timnas Indonesia melampaui catatan Vietnam dan Thailand.

Skuad Garuda akan menjadi tim Asia Tenggara pertama yang mampu meraup lebih dari empat poin di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Saat ini, Timnas Indonesia sudah mengoleksi dua poin hasil dari menahan imbang dua tim raksasa Asia yakni Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

Baca Juga: Bek Sayap Timnas Malaysia Ngaku Pemain Keturunan Indonesia: Ibu Saya dari Pulau Bawean Gresik

Kemenangan atas Bahrain yang bernilai tiga poin, akan membuat koleksi poin Garuda menjadi lima bahkan hanya dalam tiga laga pertama Grup C.

Jumlah itu sudah lebih banyak dari keseluruhan poin yang didapatkan Vietnam dan Thailand ketika mereka jadi wakil Asia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Thailand harus puas finis di posisi buncit alias keenam di Grup B putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018. Gajah Perang cuma mengoleksi dua poin dari 10 laga, tanpa sekalipun meraih kemenangan.

Sementara itu, Vietnam punya catatan lebih baik. Mereka memang finis di posisi buncit Grup B putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, tetapi mampu mengoleksi empat poin dari 10 laga.

Sebagai informasi, Piala Dunia 2026 memberikan lebih banyak kesempatan untuk wakil-wakil Asia lolos ke putaran final.

Baca Juga: Kabar Gembira! Maarten Paes Kembali Latihan, Jaminan Kokoh Tembok Timnas Indonesia

Para pemain timnas Thailand memegang trofi Piala AFF usai menjuarai ajang tersebut pada edisi 2022 lalu. [IG/@changsuek]Para pemain timnas Thailand memegang trofi Piala AFF usai menjuarai ajang tersebut pada edisi 2022 lalu. [IG/@changsuek]

Dengan perubahan jumlah peserta dari 32 menjadi 48 peserta, Asia mendapatkan jatah delapan tiket langsung plus satu tiket play-off untuk lolos ke ajang yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko itu.

Andai mampu finis dua besar di Grup C, Timnas Indonesia akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Namun, jika hanya mampu finis empat besar, tim asuhan Shin Tae-yong masih punya kesempatan dengan lolos ke putaran keempat.

Selain menghadapi Bahrain, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas China dalam matchday keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 15 Oktober mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hajar #bahrain #timnas #indonesia #otomatis #lampaui #vietnam #thailand

KOMENTAR