Gaji Steward Stadion dan Tugasnya, Berkaca Rusuh Pasca Laga Persib vs Persija, Apakah Setimpal?
Steward di laga Persib Bandung vs Persija Jakarta ikut berselebrasi setelah striker Pangeran Biru, Ciro Alves mencetak gol ke gawang Macan Kemayoran dalam laga tunda pekan ke-11 BRI Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Rabu (11/1/2023). [IG: @SiOrangDalam]
15:54
25 September 2024

Gaji Steward Stadion dan Tugasnya, Berkaca Rusuh Pasca Laga Persib vs Persija, Apakah Setimpal?

Usai laga Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, pada Senin (23/9/2024), suporter diketahui menyerang steward hingga menimbulkan kerusuhan. Perhatian publik pun banyak tertuju pada pekerjaan sebagai steward stadion. Berapa gaji steward dan apa tugasnya?

Bagi yang belum tahu, steward adalah petugas keamanan dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga, termasuk sepakbola. Bahkan steward ini menjadi salah satu staf paling penting di lapangan. Apakah gaji steward stadion layak dengan beban tugasnya?

Sebab, steward menjalankan perannya berdasarkan kebijakan dan instruksi dari tim manajemen keselamatan. Seberapa pun kompetennya manajemen senior lapangan dan petugas keselamatan, efektivitas manajemen keselamatan acara akan sangat bergantung pada steward.

Kira-kira, berapa gaji steward sepakbola dan apa saja tugasnya? 

Baca Juga: Persib Bandung Bisa Senasib Klub Liga 2 Buntut Suporter Serang Steward

Tugas Steward Stadion

Dalam pertandingan olahraga, steward adalah orang-orang yang berposisi di pinggir lapangan, lebih dekat dengan tribune suporter, dan ada juga yang berjaga di tribun.

Pada pertandingan sepak bola luar negeri, para steward ini biasanya akan lebih fokus memperhatikan perilaku atau gerak-gerik suporter, daripada ikut menyaksikan jalannya pertandingan. Meski begitu, tugas steward cukup bervariasi, tergantung pada ukuran dan bentuk lapangan, serta sifat dan waktu kegiatan.

Dari tugas steward yang menjaga keamanan kegiatan, peran posisi ini bisa dibagi lagi ke dalam bagian-bagian kecil demi kenyamanan penonton ataupun pengunjung acara tersebut.

Pada skala besar, steward punya tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan, mengontrol akses masuk, melindungi pemain dan ofisial, mencegah akses ke area terlarang, memastikan kursi sesuai dengan tiket, mencegah barang terlarang, hingga melaporkan kondisi kerumunan.

Tugas steward ini juga telah tercantum di dalam peraturan FIFA tentang Stadion. Dalam Pasal Pelayanan 4.7.4, FIFA menyebutkan bahwa peran dan tugas steward bisa bervariasi di setiap negara dan juga di stadion.

Baca Juga: Steward Persib vs Persija Jadi Sorotan, Ikut Rekam dan Rayakan Gol Ciro Alves

Ternyata, untuk mendapatkan peran keamanan, steward harus memiliki lisensi dari Security Industry Authority (SIA) terlebih dahulu. Kemudian, steward juga memiliki peran non keamanan di mana peran ini difokuskan pada layanan untuk membuat penonton mendapatkan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.

Meskipun perannya tidak terkait dengan keselamatan, namun peran ini juga mendapat pelatihan yang memadai dari pihak penyelenggara sebelum olahraga dimulai. 

Gaji Steward Sepak Bola

Cristiano Ronaldo hampiri petugas steward yang tumbang karena dirinya. (Fabrice COFFRINI / AFP)Cristiano Ronaldo hampiri petugas steward yang tumbang karena dirinya. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Menurut jooble.org, situs lowongan kerja Inggris menyebut gaji steward stadion rata-rata £ 11,25 per jam atau setara Rp 228.000. Namun gaji ini bisa berbeda-beda tergantung tugas yang diberikan.

Misalnya steward yang bertugas menjaga gate (pintu masuk) dan tiketing berbeda dengan steward yang berada di pinggir lapangan untuk menjaga keamanan. Steward stadion yang berada di pinggir lapangan dan menjaga suporter bisa mendapatkan gaji lebih tinggi.

Selain itu, penetapan gaji steward ini juga ditentukan berdasarkan pertandingan dan klub yang berlaga. Contohnya, steward yang bertugas ketika pertandingan klub Liverpool dibayar dengan £ 10.90 per jam (Rp 220 ribu).

Sementara steward yang bertugas ketika pertandingan Arsenal biasanya diberi £ 11.96 (Rp 242 ribu). Namun gaji steward dalam pertandingan sepak bola di Wembley dapat mencapai £ 15.48 (Rp 313 ribu).

FA, Asosiasi Sepak Bola Inggris mengkonfirmasi hal ini. Mereka pun memberikan gaji steward untuk pertandingan timnas Inggris di Wembley 50 persen lebih tinggi dari pada negara lain.

Bagaimana gaji steward di Indonesia? Sayangnya tidak diketahui secara pasti mengenai gaji steward sepakbola di Indonesia. Nominalnya tidak diketahui baik ini gaji untuk petugas yang bekerja mengontrol suporter di Liga 1 maupun dalam pertandingan timnas.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #gaji #steward #stadion #tugasnya #berkaca #rusuh #pasca #laga #persib #persija #apakah #setimpal

KOMENTAR