Pencak Silat Polda Jatim Terus Membina dan Mencari Bibit Atlet Berprestasi
Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Damus Asa beserta official Pencak Silat Polda Jatim, Gor Ciracas Jakarta Timur, Jumat (20/9). (Polda Jatim)
21:15
21 September 2024

Pencak Silat Polda Jatim Terus Membina dan Mencari Bibit Atlet Berprestasi

–Kejuaraan Nasional Pencak Silat Kapolri Cup Ke-2 Tahun 2024, resmi dibuka Wadankorbrimob Polri Irjen Pol Ramdani Hidayat di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, pada Kamis (19/9).  Event ini diadakan 19-22 September 2024.

Dengan tujuan untuk mencari bibit atlet pencak silat dari Polda-Polda dan umum yang diharapkan mengharumkan nama Indonesia Khususnya Polri melalui Kegiatan tingkat daerah, nasional maupun internasional. Polda Jatim salah satunya yang men-support kegiatan kejuaraan yang diadakan yang bertema Kapolri Cup pada tahun 2024, yakni basket, bulu tangkis, pencak silat, dan banyak lagi.

Kejurnas ini juga merupakan salah satu agenda Komite Olahraga Polri (KOP) yang bertujuan agar para atlet Pencak Silat Polri mendapat kesempatan untuk mengukur kemampuan dan jika berprestasi akan bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Kejurnas dibagi menjadi beberapa kategori yakni TNI, Polri serta pelajar yang dikelompokkan berdasar tingkat SD, SMP, dan SMA.

Pencak Silat Polda Jatim dengan pembina Kapolda Jawa Timur langsung dan yang memprakasai dari Ditreskrimsus Polda Jatim. Untuk mendampingi tim AKBP Damus Asa untuk membawa atletnya dan langsung memantau saat bertanding di GOR Ciracas Jakarta Timur.

”Saya dari Polda Jatim membawa tim Pencak Silat Jatim di Kejurnas Pencak Silat Kapolri Cup 2024 dan Kasat Cup 2024 di Bogor. Jumlah peserta yang kami ikutkan 8 peserta yang terdiri 6 anggota Polri dan 2 anggota Polwan,” ujar AKBP Damus Asa, Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim.

Persiapan dilakukan oleh jajaran Polda Jatim berkisar kurang lebih satu bulan dengan beberapa seleksi yang dilakukan dengan pantauan pelatih dan beberapa official.

”Semua dilakukan seleksi maupun persiapan jelang turnamen ini, personal yang mengikuti seleksi adalah seluruh personal ataupun anggota Polri yang berada di Polda maupun di wilayah atau polres jajaran,” ungkap Damus Asa.

Adapun kelas yang dipertandingkan yakni, kategori perorangan putra 4 kelas dan perorangan putri 4 kelas dan kategori jurus tunggal putra dan putri.  Semuanya mencapai 2.413 atlet pencak silat terdiri atas kelas kategori Polri berjumlah 305 atlet, kelas kategori TNI berjumlah 97 atlet dan kelas kategori umum berjumlah 2.011 atlet.

Hal itu bukti event Kapolri Cup 2024 diminati umum khususnya pelajar. Mereka akan menjadi bibit pencak silat untuk bisa mengharumkan bangsa Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

”Kapolri Cup berharap tetap dilaksanakan untuk memotivasi khususnya membina ataupun membentuk atlet muda yang berprestasi. Harapannya adalah event ini agar terus dilaksanakan pertahun yang lebih meriah dan semarak lagi,” ujar Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim Damus Asa.

Pencak Silat Polda Jatim akan terus membina dan mencari bibit atlet yang berprestasi dalam naungan pembinaan di Polda Jatim sekalipun tidak ada kejuaraan.

”Kita akan tetap ada pelatihan untuk mencari bibit atlet, bukan hanya even ini tetapi even yang lain. Ke depannya kita juga ikut mengirimkan atlet dalam seleksi baik itu pemrov atau pra pon untuk mengharumkan Jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” ujar AKBP Damus Asa.

Pada pertandingan hari ini, Polda Jatim memenangkan pertandingan yakni Revaldjo Putra Pratama dengan lawannya dari Gegana Polri, Muhammad Hazim Rifqi.  Pertandingan akan dilanjutkan di hari Sabtu dan Minggu beserta penutupan event Kapolri Cup 2024.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pencak #silat #polda #jatim #terus #membina #mencari #bibit #atlet #berprestasi

KOMENTAR