Fakta Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024: MM93 Raja Misano, tapi Maverick Vinales Istimewa
Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez persiapan sebelum balapan MotoGP Qatar 2024 di Sirkuit Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB. Marc Marquez finish di posisi keempat. 
05:10
21 September 2024

Fakta Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024: MM93 Raja Misano, tapi Maverick Vinales Istimewa

- Peburuan Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 hadirkan fakta menarik yang melibatkan dua pembalap Spanyol. Marc Marquez King Misano, tapi Maverick Vinales juga tak kalah istimewa.

Pembalap yang menempati posisi Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 dapat diketahui setelah sesi Kualifikasi di Sirkuit Misano rampung. Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2024 dijadwalkan berlangsung mulai jam 15.50 WIB, Sabtu (21/9/2024).

Tentu saja favorit Pole Position MotoGP Emilia Romagna 2024 dihuni pembalap tiga teratas di klasemen. Ketiganya ialah Jorge Martin, Francesco 'Pecco' Bagnaia dan Marc Marquez.

Akan tetapi jangan lupakan Maverick Vinales.

Ada satu fakta membuat pembalap Aprilia berjuluk Top Gun ini, tidak bisa dipandang sebelah mata pada balapan di Misano yang berstatus deputi alias seri pengganti.

Pembalap Aprilia Spanyol Maverick Vinales (kiri) dan pembalap Honda Spanyol Marc Marquez melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP menjelang Moto Grand Prix Aragon di sirkuit Motorland di Alcaniz pada 16 September 2022. Pembalap Aprilia Spanyol Maverick Vinales (kiri) dan pembalap Honda Spanyol Marc Marquez melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP menjelang Moto Grand Prix Aragon di sirkuit Motorland di Alcaniz pada 16 September 2022. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Sekadar informasi, MotoGP Emilia Romagna dalam sejarahnya sejak era 4-Tak diperkenalkan tahun 2002, baru digelar dua kali. Tepatnya pada tahun 2020 dan 2021.

MotoGP Emilia Romagna 2020 diselenggarakan karena imbas pandemi Covid-19.

Sejumlah negara melakukan pembatasan. Sehingga Dorna mengambil jalan tengah dengan menjadikan Sirkuit Misano menggelar dua kali balapan di tahun tersebut.

Selain Emilia Romagna, Misano juga menjadi tuan rumah Grand Prix San Marino.

Pun case yang sama juga terjadi di MotoGP Emilia Romagna tahun berikutnya.

Grand Prix Emilia Romagna 2021 sejatinya merupakan balapan pengganti untuk seri Asia lantaran Malaysia dan Thailand belum bisa menggelar MotoGP akibat pandemi Covid-19.

Berkaca dari dua seri ini, statistik Pole Position MotoGP Emilia Romagna untuk 2024 wajar terbilang minim.

Tetapi ada fakta menarik dari dua edisi penyelenggaraan tersebut.

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, Maverick Vinales menjadi pembalap pertama dan satu-satunya yang memenangkan balapan MotoGP Emilia Romagna saat start dari P1 alias Pole Position.

Sukses itu dibukukan Top Gun pada tahun 2020, tepatnya saat masih memperkuat Monster Energy Yamaha.

Kemudian di edisi berikutnya, Pecco Bagnaia sebagai Pole Position justru gagal menyentuh garis finis saat main race karena kecelakaan. 

Marc Marquez yang start dari P7 justru meraih podium utama.

MotoGP Emilia Romagna 2021 juga memiliki kisah yang kompleks. Karena di situ juga menjadi momentum Fabio Quartararo mengunci gelar juara dunianya.

Selain itu juga menjadi panggung perpisahan Valentino Rossi yang memutuskan pensiun di akhir musim.

Kini yang menarik ditunggu, akankah ada pembalap kedua yang mampu mengulang sukses Vinales empat tahun silam. Atau Marc Marquez yang akan menulis sensasi itu.

Bukannya tanpa alasan, mengingat MM93 memiliki julukan Raja Misano.

Terhitung sejak debut di kelas premier tahun 2013, Marc Marquez memetik lima kemenangan di sirkuit sepanjang 4,2 km tersebut.

Rinciannya ialah empat kali menang seri San Marino, dan sekali Emilia Romagna. Dan statistik itu menempatkan kekasih Gemma Pinto sebagai pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di lintasan yang berada di wilayah Rimini itu. 

Data Pole Position + Pemenang MotoGP Emilia Romagna

2020: Maverick Vinales - Maverick Vinales

2021: Francesco Bagnaia - Marc Marquez

2024: ???? - ????

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #fakta #pole #position #motogp #emilia #romagna #2024 #mm93 #raja #misano #tapi #maverick #vinales #istimewa

KOMENTAR