Tim Balap Sepeda Indonesia Menang di Negeri Tirai Bambu di Ajang Tour Of Binzhou
Peserta balap sepeda Tour of Binzhou dalam rangkaian Uni Sepeda Internasional (UCI) Asia Tour di kota Binzhou, Cina, pada awal September lalu. Event balap sepeda ini bertaraf internasional dengan total satu etape panjang 179,8 kilometer. 
17:50
19 September 2024

Tim Balap Sepeda Indonesia Menang di Negeri Tirai Bambu di Ajang Tour Of Binzhou

Nusantara Pro Cycling Team asal Indonesia kembali mencuri perhatian dunia balap sepeda internasional dengan menurunkan enam pembalap terbaiknya di ajang yang berlangsung di kota Binzhou, Cina, pada awal September lalu. 

Tour of Binzhou merupakan rangkaian Uni Sepeda Internasional (UCI) Asia Tour, event balap sepeda bertaraf internasional dengan total satu etape panjang 179,8 kilometer.

Tampil dengan kekuatan penuh, Nusantara Pro Cycling Team menurunkan enam pembalap andalan.

Tiga di antaranya merupakan rider asal Indonesia, yaitu Ilham Dzikri, Muhammad Herlangga, dan Muh Imam Arifin.

Sementara itu, tiga pembalap lainnya yang turut memperkuat tim adalah Maral-Erdene Batmunkh dari Mongolia, Konosuke Nagashio dari Jepang, dan Lu Jiaquan dari Cina.

Dalam ajang ini, Nusantara berhasil menyabet Tim Terbaik pada Klasifikasi Umum, atau yang biasa dikenal sebagai General Classification (GC).

Capaian terbaik ini juga didorong oleh Mum Imam Arifin yang berhasil menyabet green jersey sebagai julukan sprinter terbaik.

“Memenangkan General Team Classification dan menunjukkan dominasi pada race hari ini. Kami tidak akan menyerah,” tulis Rastra Patria, team manager Nusantara Pro Cycling Team pada lama Instagram @nusantara_procycling.

Alam Binzhou, Cina  menyuguhkan tantangan tersendiri bagi peserta.

Dengan cuaca cukup berangin dan hawa panas pada suhu 35-36 derajat Celsius, seluruh atlet Nusantara Pro Cycling Team berhasil menembus angin dan melewati 71 pembalap lain dalam waktu sekitar hampir empat jam.

Rastra menyatakan, kunci kesuksesan tim ini salah satunya terletak pada penggunaan sepeda Polygon Helios A seri tertinggi sebagai senjata utama yang sudah mereka gunakan sejak tahun 2022. 

“Ketika teknologi benar-benar bertemu dengan fungsi, edisi khusus Nusantara Team @polygonbikesid Helios A9X dirancang secara eksklusif sebagai sepeda race-ready untuk performa terbaik di ajang balap Asia Tour yang berat,” tulis Rastra pada laman Instagram @nusantara_procycling.

Tak berhenti pada menaklukkan negara Tirai Bambu saja, Nusantara akan kembali pada Le Tour de Langkawi, di Langkawi, Malaysia pada 29 September-6 Oktober 2024 mendatang.

Pencapaian ini bukan hanya persembahan untuk Indonesia, tetapi sekaligus menjadi bukti bahwa untuk menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru dalam dunia balap sepeda Asia. Indonesia memiliki banyak bakat-bakat muda yang mampu bersaing di kancah internasional.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #balap #sepeda #indonesia #menang #negeri #tirai #bambu #ajang #tour #binzhou

KOMENTAR