PSSI Wajib Contoh! Program Pelatihan Pemain Muda KNVB Diakui FIFA
Ilustrasi pengembangan pemain muda [knvb.com]
11:30
18 September 2024

PSSI Wajib Contoh! Program Pelatihan Pemain Muda KNVB Diakui FIFA

Organisasi sepak bola Belanda atau KNVB mendapat penghargaaan dari induk sepak bola dunia, FIFA. KNVB mendapatkan FIFA Forward Award, anugrah yang diberikan untuk program pengembangan pemain muda.

Pada Juli 2024 lalu, Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan plakat FIFA Forward Award kepada Presiden KNVB, Frank Paauw.

"Pengakuan ini diberikan atas format kompetisi baru yang diperkenalkan KNVB untuk pemain muda di usia 6 sampai 12 tahun," tulis informasi KNVB.

FIFA Forward Award menjadi bentuk penghargaan dari FIFA kepada KNVB yang memiliki komitmen dan visi inovatif untuk mengembangkan pemain muda di Belanda.

Baca Juga: Kejar Waktu, Mees Hilgers & Eliano Bakal Jalani Sumpah WNI di Belanda

"Kami sangat tersanjung dengan pengakuan dari FIFA. Penghargaan ini menegaskan apa yang sudah kami lakukan. Belanda mungkin negara kecil dalam hal wilayah, tapi kami selalu jadi pemimpin di sepak bola," ucap Frank Paauw.

"Kami siap bersaing untuk mendapatkan talenta luar biasa, untuk kami dihormati di seluruh dunia. Itulah kekuatan kami," tegasnya.

Format kompetisi pemain usia 6-12 tahun yang dilakukann KNVB berfokus bukan hanya mengembangkan skill pemain namun juga menciptakan kompetisi yang ramah anak.

"Dengan memperkenalkan format liga ramah anak, kami fokus pada peningkatan pengalaman sepak bola bagi pemain muda kami, namun dengan hati-hati kami menyesuaikan pendekatan berbasis penelitian dan masukan dari pemain itu sendiri," jelas Paauw.

Format kompetisi pemain muda KNVB dirancang khusus untuk mendorong pengembangan pemain muda. Dibandingkan dengan pertandingan biasa, pada format kompetisi ini, KNVB merancang pertandingan di lapangan yang lebih kecil.

Baca Juga: Media Vietnam Yakin Indonesia Mampu Lewati Kualifikasi Piala Dunia 2026

Titik fokusnya agar si pemain lebih banyak dalam hal penguasaan bola, lebih terlihat dalam skema permainan dan mengasah skill untuk berkembang lebih cepat.

Menariknya pada format baru ini, KNVB menekankan pada intelegensi si pemain muda. Pemain diminta untuk cepat mengadaptasi pada bentu-bentuk pertandingan dan memiliki pemahaman pada taktik yang diberikan pelatih.

Penelitian dari pihak KNVB mengungkap fakta bahwa pengurangan jumlah pemain dan ukuran lapangan berdapak signifikan pada pemain untuk benar-benar terlibat dalam pertandingan.

"Anak-anak menjadi lebih percaya diri dan meningkatan keterampilan teknis mereka,"

Format kompetisi baru ini menurut pihak KNVB sesuai dengan pilar strategis mereka yakni, 'Lebih banyak pesepak bola' dan 'Membawa Sepak Bola ke level tertinggi'

Apa yang dilakukan KNVB ini memang membuahkan hasil, setidaknya hal itu bisa dilihat dari komposisi pemain Timnas Indonesia yang mayoritas diisi pemain keturunan binaan format kompetisi pemain muda di Belanda.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #pssi #wajib #contoh #program #pelatihan #pemain #muda #knvb #diakui #fifa

KOMENTAR