Jairo Riedewald Segera Dinaturalisasi? 4 Pemain Timnas Indonesia Siap-siap Angkat Kaki
Pemain keturunan calon penggawa Timnas Indonesia, Jairo Riedewald Saat berseragam Crystal Palace FC. (instagram/jairo_riedewald)
07:30
18 September 2024

Jairo Riedewald Segera Dinaturalisasi? 4 Pemain Timnas Indonesia Siap-siap Angkat Kaki

Pemain keturunan Indonesia Grade A yang menyatakan minatnya membela Timnas Indonesia kembali bertambah. Kali ini ada Jairo Riedewald, eks pemain Crystal Palace.

Bocoran soal kabar ini diungkapkan oleh YouTuber yang sering mewawancarai pemain keturunan Indonesia, Yussa Nugraha.

Yussa Nugraha, dalam video terbarunya, mengungkap bahwa ia mendapatkan informasi langsung dari sumber terpercaya di Belanda terkait kepastian Jairo Riedewald untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Bahkan disebutkan proses naturalisasi Jairo tengah berjalan. Jika kabar ini benar, hadirnya pemain berusia 28 tahun itu tentu bakal menjadi tambahan kekuatan buat Timnas Indonesia.

Baca Juga: Pemain Keturunan Indonesia Coba Ciptakan Rekor di Liga Champions Nanti Malam

Di lain sisi, hadirnya Jairo Riedewald berpotensi membuat beberapa pemain tergusur. Siapa saja?

1. Ricky Kambuaya

Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya saat membela Timnas Indonesia di pertandingan uji coba melawan Libya (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya saat membela Timnas Indonesia di pertandingan uji coba melawan Libya (pssi.org)

Ricky Kambuaya memang masih menjadi langganan dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Namun kini ia lebih sering hanya menjadi ban serep untuk pemain-pemain keturunan.

Bahkan sepanjang tahun 2024, menit bermain Ricky tidak pernah lebih dari 20 menit dan kebanyakan bermain dari bamgku cadangan.

Meski posisinya dengan Jairo Riedewald cukup berbeda karena Ricky bermain sebagai gelandang sentral, namanya bisa digusur demi memberi tempat buat Jairo.

Baca Juga: DPR Setujui Pemberian Stasus WNI, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Jalani Sumpah Minggu Depan?

2. Wahyu Prasetyo

Bek Timnas Indonesia, Wahyu Prasetyo. (Instagram/psisofficial)Bek Timnas Indonesia, Wahyu Prasetyo. (Instagram/psisofficial)

Posisi asli Jairo Riedewald memang seorang gelandang bertahan, tapi ia juga bisa bermain sebagai bek tengah bahkan bek kiri.

Kondisi ini bisa membuat Wahyu Prasetyo sebagai pemain belakang terancam. Terlebih Wahyu juga tidak banyak mendapat kesempatan bermain di Timnas Indonesia karena lebih banyak menjadi cadangan.

3. Pratama Arhan

Bek Kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)Bek Kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Posisi Arhan mungkin tidak sama dengan Riedewald, tapi pemain Suwon FC itu bisa “ditumbalkan” demi mendapat susunan pemain ideal di lini belakang dengan memasukkan Jairo sebagai penggantinya.

Apalagi Arhan mulai semakin tersingkirkan di pos bek kiri usai hadirnya Calvin Verdonk. Masih ada nama Shayne Pattynama dan Nathan Tjoe-A-On yang bisa bermain di posisi tersebut.

4. Muhammad Ferarri

Bek Indonesia Muhammad Ferarri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol yang kemudian dianulir setelah tinjauan VAR saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]Bek Indonesia Muhammad Ferarri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol yang kemudian dianulir setelah tinjauan VAR saat pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). [Karim JAAFAR / AFP]

Ferrari menjadi salah satu bek muda terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Namun hadirnya pemain berpengalaman dan punya kualitas tinggi macam Jairo Riedewald, peluang melihat Ferrari bakal tersingkir sangat terbuka.

Dengan usia yang masih 21 tahun, Ferrari besar kemungkinan bakal dimaksimalkan oleh Shin Tae-yong di Timnas U-23 demi memberi jam terbang dan pengalaman internasional.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jairo #riedewald #segera #dinaturalisasi #pemain #timnas #indonesia #siap #siap #angkat #kaki

KOMENTAR