DPR Setuju, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Belum Bisa Bela Timnas Indonesia
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. (Instagram@timnasindonesia)
15:12
17 September 2024

DPR Setuju, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Belum Bisa Bela Timnas Indonesia

Komisi III DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Selasa (17/9/2024). Namun, kedua pemain masih belum bisa membela Timnas Indonesia.

DPR RI memberikan persetujuan terkait permohonan naturalisasi dalam rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Kementerian Hukum dan HAM RI, serta PSSI.

Meski telah disetujui, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di atas kertas belum memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, proses naturalisasi pemain keturunan butuh tahapan yang cukup panjang. Setelah disetujui Komisi III DPR RI, masih ada beberapa tahapan yang menanti mereka.

Baca Juga: Pemain Keturunan Depok Menggila di Liga Belanda, Cetak 3 Gol dari 5 Laga, Shin Tae-yong Tak Tertarik?

Tahapan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders usai disetujui Komisi III DPR RI

1. Persetujuan Komisi X DPRI RI

Di tengah proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnder untuk bela Timnas Indonesia, media Belanda bongkar fakta lain. [Instagram Mees Hilgers]Di tengah proses Mees Hilgers dan Eliano Reijnder untuk bela Timnas Indonesia, media Belanda bongkar fakta lain. [Instagram Mees Hilgers]

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi III, permohonan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders masih harus mendapat persetujuan Komisi X.

2. Sidang Paripurna DPR RI

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi III dan Komisi X, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dihadirkan secara virtual dalam sidang Paripurna DPR RI.

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik Nomor 7 Shin Tae-yong untuk Rafael Struick di Brisbane Roar

3. Surat Keputusan Presiden RI

Presiden Jokowi memberikan bonus untuk atlet peraih medali di Paralimpiade Paris 2024. (Suara.com/Novian)Presiden Jokowi memberikan bonus untuk atlet peraih medali di Paralimpiade Paris 2024. (Suara.com/Novian)

Jika permohonan naturalisasi kedua pemain disetujui dalam Paripurna DPR RI, setelahnya berkas mereka akan diberikan kepada Presiden Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo akan menandatangani Surat Keputusan Presiden (Keppres) untuk merekomendasikan Mees dan Eliano untuk dinaturalisasi.

4. Sumpah WNI

Setelah mendapatkan Keppres, dua pemain keturunan itu akan melanjutkan tahapan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Kemenkumham.

5. Perpindahan Federasi di FIFA

Relawan membawa logo FIFA menjelang pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina vs Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, barat Doha pada 3 Desember 2022.Kirill KUDRYAVTSEV / AFPRelawan membawa logo FIFA menjelang pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina vs Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, barat Doha pada 3 Desember 2022.Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Setelah disahkan sebagai WNI, Mees dan Eliano masih harus menjalani satu tahap lagi yakni perpindahan federasi.

Karena keduanya berpaspor Belanda, maka mereka harus mengubah federasinya dari KNVB ke PSSI. Persetujuannya ada di tangan FIFA.

Selepas menjalankan tahap itu, Mees dan Eliano baru berhak dan memenuhi syarat untuk membela Timnas Indonesia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #setuju #mees #hilgers #eliano #reijnders #belum #bisa #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR