Profil Khabib Nurmagomedov, Legenda UFC yang Minta Sendiri Datang ke Indonesia
Deddy Corbuzier akan memandu acara The Path of A Champion mantan bintang UFC bersama Khabib Nurmagomedov pada 5 Oktober di Jakarta. (Istimewa)
11:42
16 September 2024

Profil Khabib Nurmagomedov, Legenda UFC yang Minta Sendiri Datang ke Indonesia

– Mantan atlet mixed martial arts (MMA) Khabib Nurmagomedov akan datang ke Jakarta. Legenda ultimate fighting club (UFC) itu bakal menyapa masyarakat dan penggemarnya di Indonesia secara langsung pada 5 Oktober 2024.

Khabib Nurmagomedov datang ke Jakarta sebagai bagian dari tur Asia Tenggara. Uniknya, Indonesia ternyata sebenarnya tak masuk dalam rangkaian tur sang legenda.

Ya, Khabib Nurmagomedov awalnya hanya mendapatkan undangan dari promotor Madalive dan Faith Events untuk berkunjung ke Malaysia pada 29 September 2024. Tapi, atlet yang pensiun pada 25 Oktober 2020 itu meminta untuk datang ke Indonesia.

Nah, Khabib Nurmagomedov rencananya akan datang ke Indonesia untuk mengadakan meet and greet pada 5 Oktober mendatang. Lokasinya di Main Hall The Kasablanka, Jakarta. Acara ini bakal dihadiri oleh 3.700 penggemar sang legenda sesuai dengan tiket yang dijual promotor.

Acara meet and greet Khabib pun terbuka untuk umum. Siapapun dari seluruh latar belakang agama boleh mengikutinya. Syaratnya hanya membeli tiket senilai Rp24 juta. Istimewanya, 3.700 lembar tiket tersebut sudah ludes terjual.

Nah, bagi yang tidak sabar menanti kedatangan sang legenda, ada baiknya menyimak profil Khabib Nurmagomedov terlebih dahulu. JawaPos.com coba merangkumnya dari awal karier Khabib hingga pensiun.

Profil Khabib Nurmagomedov

Khabib diketahui mulai bertarung di panggung UFC pada 2012. Kariernya pun terus menanjak dan dia dianggap sebagai salah satu petarung paling berbahaya di kelas ringan.

Khabib Nurmagomedov hanya butuh waktu enam tahun untuk merebut gelar juara UFC kelas ringan. Tepatnya, pada 8 April 2018, setelah dirinya mengalahkan petarung Amerika Serikat Al Iaquinta. Gelar ini berhasil dipertahankannya hingga dia gantung sarung tangan.

Ya, Khabib Nurmagomedov melakoni tiga pertarungan dalam mempertahankan sabuk juara UFC kelas ringan. Salah satunya melawan Conor McGregor di UFC 229. Itu jadi kemenangan paling ikonik dalam sejarah UFC. Dalam pertarungan itu, Khabib tampil mendominasi untuk kemudian memenangkan duel melalui teknik kuncian di ronde keempat.

Selain mengalahkan McGregor, Khabib Nurmagomedov juga berhasil mengalahkan Dustin Poirier dalam mempertahankan gelarnya. Itu terjadi dalam UFC 242 pada 2019 lalu, di mana Khabib menang via rear naked choke di ronde ketiga.

Adapun pertarungan terakhir Khabib Nurmagomedov dalam upaya mempertahankan gelarnya adalah saat melawan Justin Gaethje pada 25 Oktober 2020 di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dia menang lewat teknik kuncian triangle choke di ronde kedua.

Itu jadi kemenangan ke-29 Khabjb Nurmagomedov di panggung UFC. Dia kemudian mengumumkan gantung sarung tangan selepas mengalahkan Justin Gaethje.

Alasan Khabib Nurmagomedov pensiun adalah karena dia telah kehilangan sang ayah sekaligus pelatih, Abdulmanap Nurmagomedov, yang wafat pada Juli 2020. Selain itu, dia juga berjanji kepada ibunya untuk tidak lagi bertarung setelah duel melawan Gaethje, karena ibunya merasa berat jika putranya bertarung tanpa kehadiran ayahnya.

Nah, sepanjang kariernya di MMA, Khabib Nurmagomedov berhasil menciptakan pencapaian penting mulai dari rekor 29-0 alias tak terkalahkan, 13 kali kemenangan dengan teknik kuncian, pertarungan terlama saat melawan Al Iaquinta hingga lima ronde, hingga mendominasi di matras.

Khabib Nurmagomedov juga dikenal sebagai petarung yang sangat disiplin dan tak terpengaruh dengan gaya hidup gemerlap seperti banyak atlet UFC lainnya. Dia selalu menjaga kebugaran fisik dan mentalnya dengan baik serta berlatih dengan tekun, dan fokus pada keluarganya.

Data dan Fakta Khabib Nurmagomedov

Jumlah Pertarungan: 29 pertandingan

Kemenangan: 29 kali (tanpa kekalahan)

Kemenangan dengan TKO: 8 kali

Kemenangan dengan Kuncian: 13 kali

Rekor di UFC: 13 kali menang (termasuk melawan nama-nama besar seperti Connor McGregor, Dustin Poirier, dan Justin Gaethje)

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #profil #khabib #nurmagomedov #legenda #yang #minta #sendiri #datang #indonesia

KOMENTAR