Putri Kusuma Wardani Back to Back Final, Ingin Juara di Hongkong Open
Putri Kusuma Wardani sujud syukur setelah menang atas Tomoka Miyazaki di semifinal Hongkong Open 2024. (Dok: PBSI)
17:44
14 September 2024

Putri Kusuma Wardani Back to Back Final, Ingin Juara di Hongkong Open

- Putri Kusuma Wardani terus melanjutkan tren positifnya. Pebulu tangkis tunggal putri itu berhasil mencapai final di BWF World Tour Super 500 Hongkong Open 2024, usai mengalahkan bintang muda Jepang, Tomoka Miyazaki, Sabtu (14/9) siang.

Pemain jebolan PB Exist Jakarta harus melalui pertarungan sangat sengit dengan Tomoka nyaris dua jam, tepatnya selama 116 menit. Tapi, Putri Kusuma Wardani akhirnya mampu menang rubber 22-20, 21-23, 21-18 di Hong Kong Coliseum, Hung Hom Bay, Kowloon.

Putri Kusuma Wardani pun menyadari bahwa perjuangannya melawan Tomoka Miyazaki sangat tidak mudah. "Alhamdulillah bisa melewati ini dengan kemenangan," katanya usai laga, dalam keterangan resmi PP PBSI.

"Di gim ketiga saat sudah unggul jauh, saya banyak melakukan kesalahan jadi poinnya hampir terkejar padahal saya terus mengikuti instruksi pelatih. Setelah tu saya coba lebih safe lagi saja," tambah Putri Kusuma Wardani.

Putri Kusuma Wardani mengatakan, Tomoka Miyazaki tak seperti kebanyakan pemain tunggal putri Jepang lain. Menurutnya, sang juara dunia junior 2022 itu punya banyak keunggulan, tak hanya ulet saja.

"Selain ulet, dia mempunyai fighting spirit yang luar biasa, seberapa jauh poinnya dia masih semangat untuk mengejar. Dia juga punya serangan yang bervariasi. Walau usianya lebih muda dari saya, saya mengagumi permainannya," ucapnya.

Tak pelak, Putri Kusuma Wardani pun mengaku dirinya terus merasakan grogi, gugup, dan degdegan sepanjang bertarung dengan Tomoka Miyazaki. Sebab, lawannya sangat sulit untuk dimatikan.

"Saya sepanjang pertandingan merasa grogi dan nervous. Tomoka adalah tipe pemain yang tidak mudah dimatikan dan mempunyai variasi serangan yang sangat beragam. Spekulasinya juga ada jadi saat bermain deg-degan nya tidak hilang karena saya harus terus fokus setiap poinnya," jelas Putri.

Karena itu, Putri Kusuma Wardani sangat lega dan gembira bisa menang atas Tomoka Miyazaki. Apalagi, ini menjadi final pertamanya di level Super 500.

Selain itu, kemenangan atas Tomoka ini membuat Putri Kusuma Wardanimenorehkan back to back final alias berhasil menembus partai puncak dalam dua pekan beruntun. Sebelumnya dia melaju ke final Taipei Open 2024 pekan lalu, namun kalah 17-21, 13-21 dari Sim Yu-jin asal Korea Selatan.

"Sangat senang bisa tampil di final kedua dalam dua minggu, ini juga akan menjadi final pertama saya di level Super 500. Saya berharap besok bisa berdiri di podium tertinggi," ucap pemain kelahiran 20 Juli 2002 ini.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #putri #kusuma #wardani #back #back #final #ingin #juara #hongkong #open

KOMENTAR