Cabor Anggar Dimulai, 220 Atlet Siap Perebutkan Medali PON
Cabang olahraga anggar pada PON XXI resmi dimulai di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh, pada Rabu (11/9). (Istimewa)
14:02
12 September 2024

Cabor Anggar Dimulai, 220 Atlet Siap Perebutkan Medali PON

–Cabang olahraga anggar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI 2024 resmi dimulai di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh, pada Rabu (11/9).

Cabor Anggar dibuka secara resmi oleh Ketua Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi) Agus Suparmanto.  Turut hadir TD PON XXI Aceh-Sumut Cabor Anggar Hans Nayoan, Ketua KONI Aceh Kamaruddin Abubakar, Ketua Umum Pengprov Ikasi Aceh Nasir Syamaun, dan sejumlah pengurus Ikasi. 

Agus Suparmanto mengatakan, perhelatan PON dengan tuan Aceh dan Sumatera Utara diharapkan dapat menjadi momentum untuk melahirkan atlet-atlet anggar berbakat yang bisa bersaing hingga pada level internasional.

”PON 2024 di Aceh dan Sumut sebagai ajang seleksi atlet-atlet terbaik yang akan dikembangkan dan dilanjutkan untuk event-event internasional. Ya diharapkan PON ini sangat spesial karena pertama kali di Aceh dan juga saya melihat potensial dan semangat dari pada atlet-atlet ini sangat tinggi dan motivasi kita berikan juga yang sangat tinggi,” kata Agus.

Agus menilai, venue di GOR Anggar kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhongraya Banda Aceh cukup bagus dan sudah memiliki standar internasional.

”Saya melihat venue sangat bagus dan juga diharapkan di seluruh Indonesia, di seluruh provinsi mempunyai venue-venue anggar seperti ini,” ujar Agus Suparmanto.

Sementara itu, salah satu atlet anggar dari Jawa Tengah Vitson Bastian Kusuma Negara menyatakan kesiapannya untuk ikut pada ajang PON Aceh-Sumut.

”Ini PON pertama saya, jadi targetnya kita memang ingin yang terbaik,” kata Vitson yang turun di nomor EP individu putra.

Persiapan yang dilakukan atlet anggar Jateng sudah dimulai jauh-jauh hari sebelum PON Aceh-Sumut digelar. ”Kami jauh-jauh hari sudah dimatangkan, bahkan mungkin dari Maret sampai September ini persiapan sangat ketat sampai TC di Malaysia,” ujar Vitson Bastian Kusuma Negara.

”Terus kami juga manggil atlet-atlet senior buat tambah latihan juga. Jadi persiapan dari anggar Jawa Tengah itu sangat maksimal dan kami berharap di PON ini bisa mendapatkan hasil yang baik,” tutur dia.

Ketua Panitia cabor Anggar PON Aceh-Sumut Zulfikar merinci, cabor anggar PON XXI Aceh-Sumut dimulai 11 sampai dengan 16 September. Ada 12 nomor yang dipertandingkan yaitu, Floret perorangan putra/putri, Degen perorangan putra/putri, Sabel perorangan putra/putri, Floret beregu putra/putri, Degen beregu putra/putri, dan Sabel beregu putra/putri.

Pada ajang kompetisi PON Aceh-Sumut ada 26 kontingen yang akan bersaing untuk memperebutkan medali di 12 nomor. Total diikuti 220 atlet anggar yang terdiri atas 113 atlet putra dan 107 atlet putri. 

Adapun 26 kontingen yang ikut pada cabor anggar yaitu, Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DI Jogjakarta, Jatim, Kalbar, Kalsel dan Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulsel, Sulteng, Sulut, Bali, NTB, dan Papua.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #cabor #anggar #dimulai #atlet #siap #perebutkan #medali

KOMENTAR