Blunder Jorge Martin hingga Sengitnya Drama Persaingan Klasemen Juara Dunia MotoGP 2024
Jorge Martin sedang dalam balapan di Circuit Marco Simoncelli San Marino. (Foto: Instagram/ @89jorgemartin)
21:04
11 September 2024

Blunder Jorge Martin hingga Sengitnya Drama Persaingan Klasemen Juara Dunia MotoGP 2024

– GP San Marino Italia Minggu (8/9/2024) menjadi tamparan bagi pembalap ducati pramac Jorge Martin. Martin harus terpaksa finish di posisi 15 karena kesalahan strategi yang dilakukannya.

Hujan menjadi kendala bagi para pembalap. Pasalnya, mereka harus menyesuaikan ban, per hingga suspensi pada motor.

Karena situasi hujan yang lembab akan sangat berpengaruh terhadap motor selama berlangsungnya balapan. Sehingga diperlukan pergantian atau perubahan pada bagian-bagian motor.

Jorge Martin sangat bagus pada lap pertama. Martin start pada posisi empat berhasil menggeser Marco Bezzechi dan mengambil posisi ketiga.

Keadaan berbalik saat memasuki lap kelima. Banyaknya para pembalap mulai berjatuhan seperti Agusto Fernandes, Pedro Acosta hingga Franco Morbidelli Karena kondisi cuaca yang semakin buruk.

Melihat situasi sudah semakin kacau membuat Jorge Martin memutuskan untuk mengganti motor pada lap ketujuh.

Hal tersebut tidak merubah keyakinan pada Francesco Bagnaia, Walau sudah turun hujan Bagnaia tetap yakin tidak mengganti motornya meskipun sangat beresiko tinggi.

Pergantian motor yang dilakukan oleh Jorge Martin, menjadikan kesempatan bagi para pembalap lain untuk mencari posisi terdepan.

Upaya tersebut berhasil dilakukan oleh Marc Marquez. Dengan sangat mudah Marquez berhasil menempati posisi pertama sekaligus merebut posisi Francesco Bagnaia.

Tak berselang lama cuaca semakin membaik, sehingga menjadikan keputusan Jorge Martin sebagai kesalahan karena telah berganti motor.

Karena cuaca yang semakin membaik, Martin bergegas untuk berganti motor kembali guna menyesuaikan trek kering.

Hal tersebut semakin menakan banyak waktu dan membuat posisi Martin semakin tertinggal.

Jorge Martin sempat ragu akan melanjutkan balapan atau tidak, Pasalnya Martin telah tertinggal satu putaran yang mengakibatkan dia sulit untuk menyalip.

“Saya tidak tahu apa saya bisa menyalip atau tidak, Saya pikir saya tidak bisa jadi saya hanya menunggu dan menunggu. Setidaknya saya berhasil meraih satu point”. Ujar Jorge Martin pada Press Conference MotoGP

Disisi lain Marc Marquez yang menempati posisi pertama sangat nyaman dengan menjaga ritme kecepatannya.

Sehingga Marquez berhasil memperoleh kemenangan secara back-to-back di GP San Marino Marco Simoncelli Circuit secara otomatis membuat Marquez memperoleh 25 point.

Posisi kedua berhasil diperoleh Francesco Bagnaia dan berhasil mendapatkan 20 point

Hal tersebut menjadikan posisi klasemen juara dunia hanya selisih tipis antara klasemen pertama yakni Jorge Martin dengan 312 point, Francesco Bagnaia dengan 305 point serta Marc Marquez dengan 259 point.

Ini membuat posisi klasemen antara Martin dengan Pecco hanya selisih tujuh point. Sedangkan Marquez semakin menambah point.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #blunder #jorge #martin #hingga #sengitnya #drama #persaingan #klasemen #juara #dunia #motogp #2024

KOMENTAR