Siapa Olivier Rifai? Pemain Keturunan yang Punya Rivalitas dengan Bek Persib Bandung
Pemain keturunan Indonesia, Oliver Rifai. [Dok. Instagram/@ton_ve]
17:36
9 September 2024

Siapa Olivier Rifai? Pemain Keturunan yang Punya Rivalitas dengan Bek Persib Bandung

Timnas Indonesia memiliki banyak pemain keturunan yang sejauh ini tidak atau belum dinaturalisasi. Salah satunya adalah Oliver Rifai.

Oliver Rifai pernah menarik perhatian PSSI. Timnas Indonesia saat masih diasuh mendiang Alfried Riedl pun sempat tertarik kepadanya.

Namun, Olivier yang merupakan pemain kelahiran Amsterdam 15 Juni 1993 itu, pada akhirnya tidak kesampaian membela Timnas Indonesia.

Profil Oliver Rifai

Baca Juga: 2 Hal Wajib Dipelajari Timnas Indonesia dari Kekalahan Australia atas Bahrain

Pemain keturunan Indonesia, Oliver Rifai. [Dok. Sport.de]Pemain keturunan Indonesia, Oliver Rifai. [Dok. Sport.de]

Oliver Rifai memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang asli Bandung, sementara ibunya lahir di Amsterdam.

Mengejutkannya, kakek-neneknya tinggal di Margasari, Jawa Tengah, pada 2011.

Latar belakang Indonesia-nya sudah terungkap sejak 2017 ketika Kemenpora merilis daftar pemain keturunan, termasuk Oliver Rifai.

Oliver Rifai lahir di Amsterdam pada 15 Juni 1993 dan tumbuh dalam disiplin khas Belanda. Sejak kecil, dia serius mengejar karier sebagai pemain sepak bola profesional.

Rifai mengembangkan kemampuannya di tim muda AZ Alkmaar, di mana potensinya sebagai bek tengah terlihat. Dia bahkan dipanggil memperkuat Timnas Belanda U-17.

Baca Juga: CEK FAKTA: Penyerang Jepang Tebar Teror Janji Cetak 10 Gol ke Gawang Timnas Indonesia, Benar?

Debut profesionalnya terjadi pada 2012 bersama Telstar, di mana ia tampil dalam 67 pertandingan hingga 2015.

Rifai kini bermain untuk Aalsmeer. Dia dikenal sebagai pemain versatile atau serba guna, bisa bermain sebagai bek tengah, bek kiri, atau gelandang bertahan.

Meski sudah masuk radar Kemenpora sejak 2017, isu naturalisasinya untuk Timnas Indonesia tak lagi mencuat. Merujuk usianya, sepertinya sulit bagi sang pemain untuk menarik perhatian Shin Tae-yong.

Pernah Jadi Rival Bek Persib Bandung

Nick Kuipers, bek Persib Bandung. (Instagram/@kuipersnick)Nick Kuipers, bek Persib Bandung. (Instagram/@kuipersnick)

Semasa muda, Oliver Rifai pernah memiliki rivalitas dengan Nick Kuipers, bek Belanda yang kini bermain untuk Persib Bandung.

Menyitat Transfermarkt, Rifai tercatat pernah dua kali berjumpa Nick Kuipers sebagai lawan yakni ketika membela Telstar dalam rentang 2013-2015.

Pada pertemuan pertama, klub Rifai dikalahkan tim yang dibela Nick Kuipers, MVV Maastricht dengan skor 2-0 pada 6 Desember 2013.

Sementara pada pertemuan kedua pada 3 April 2015, Kuipers dan timnya lagi-lagi mengalahkan Telstar dengan skor lebih telak yakni 3-0.

Dalam laga kedua itu, Rifai tampil pada babak kedua, tepatnya pada meniit ke-75, tetapi dapat kartu merah jelang laga berakhir.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #olivier #rifai #pemain #keturunan #yang #punya #rivalitas #dengan #persib #bandung

KOMENTAR