Perbandingan Harga Pasar Thom Haye vs Jackson Irvine, Bapak-bapak Fun Football vs 'Abang Skena'
Kolase gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye dan gelandang Australia Jackson Irvine. [Dok. AFP]
10:12
9 September 2024

Perbandingan Harga Pasar Thom Haye vs Jackson Irvine, Bapak-bapak Fun Football vs 'Abang Skena'

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Australia bakal menghadirkan duel dua gelandang kelas Eropa di atas lapangan antara Thom Haye dan Jackson Irvine.

Dua pemain ini punya posisi hampir mirip tapi penampilannya berbeda. Jika Thom Haye sering disebut “bapak-bapak fun football” karena gaya simpel dengan kaos kaki sebetis, Irvine disebut ‘abang-abangan skena bloke core” dengan gaya nyentriknya.

Kendati punya gaya yang berbeda soal penampilan, Irvine dan Haye adalah salah dua gelandang terbaik Asia saat ini yang punya pengalaman bermain di Eropa.

Haye memang masih berstatus tanpa klub, tapi ia pernah bermain di SC Heerenveen hingga AZ Alkmaar. Sedangkan Irvine saat ini bermain untuk St. Pauli klub kasta tertinggi Liga Jerman.

Baca Juga: Dream Team Timnas Indonesia dengan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Full Naturalisasi Tapi Sisa Satu Pemain Lokal

Lantas, bagaimana perbandingan soal harga pasar keduanya?

Jackson Irvine

Pemain timnas Australia, Jackson Irvine melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka timnya ke gawang India dalam matchday pertama Grup B Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad Bin Ali, Qatar, Sabtu (13/1/2024). [Dok. AFC]Pemain timnas Australia, Jackson Irvine melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka timnya ke gawang India dalam matchday pertama Grup B Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad Bin Ali, Qatar, Sabtu (13/1/2024). [Dok. AFC]

Pemain berusia 31 tahun ini mengalami penurunan harga pasar cukup drastis dalam empat musim terakhir. Sempat ditaksir berharga 3,5 juta euro, Irvine kini dibanderol 2 juta euro menurut Transfermarkt.

Harga pasar ini meningkat dibanding musim lalu karena Irvine ikut membawa St. Pauli menjuarai Liga 2 Jerman sekaligus membawa klubnya promosi ke Bundesliga musim ini.

Untuk posisi, Irvine lebih banyak dioperasikan sebagai gelandang tengah (CM). Namun di laga melawan Bahrain kemarin, ia bermain sebagai gelandang bertahan (DM).

Baca Juga: Maarten Paes: Saya Gak Sabar Dengar Suporter Nyanyi Tanah Airku

Thom Haye

Thom Haye dikaitkan dengan dua klub, yakni RB Leipzig dan RB Salzburg. (Instagram/@thomhaye).Thom Haye dikaitkan dengan dua klub, yakni RB Leipzig dan RB Salzburg. (Instagram/@thomhaye).

Berbeda dengan Irvine, Haye sedang berada di puncak karirnya karena ditaksir punya harga pasar 3 juta euro atau Rp 51,3 miliar.

Ini merupakan harga pasar tertinggi pemain berusia 29 tahun tersebut sepanjang berkarier. Meski belum mendapat klub, diyakini ia bakal melanjutkan karir di Eropa.

Menariknya, Shin Tae-yong sering menempatkan Thom Haye sebagai gelandang tengah meski posisi aslinya gelandang bertahan.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #perbandingan #harga #pasar #thom #haye #jackson #irvine #bapak #bapak #football #abang #skena

KOMENTAR