Daftar Pemain Kakak-Adik yang Beda Negara, Terbaru Ada Calon Pemain Timnas Indonesia
Respons Tijjani Reijnders usai adiknya resmi memilih timnas Indonesia. (Kolase Instagram/@tijjanireijnders dan @erickthohir)
14:06
7 September 2024

Daftar Pemain Kakak-Adik yang Beda Negara, Terbaru Ada Calon Pemain Timnas Indonesia

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Eliano Reijnders, ternyata memiliki kisah yang tak jauh berbeda dengan sederet pesepak bola dunia. Mereka berstatus sebagai kakak dan adik yang akhirnya memperkuat negara yang berbeda.

Sebagai informasi, Eliano Reijnders tengah dipersiapkan PSSI untuk menjalani proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Sosoknya mencuat bersama bek kelahiran Belanda, Mees Hilgers, yang akan menjalani program yang sama.

Eliano Reijnders memang bukan sosok pemain yang asing. Sebab, dia memiliki kakak laki-laki yang juga berkarier di dunia sepak bola bernama Tijjani Reijnders. Uniknya, kakak Eliano sudah menjadi penggawa Timnas Belanda.

Dengan kata lain, kedua bersaudara ini punya nasib yang berbeda. Tijjani telah memutuskan memperkuat Belanda, sedangkan Eliano mantap membela tanah leluhurnya, Indonesia. Sebetulnya, kisah-kisah semacam ini bukan hal baru di dunia sepak bola.

Baca Juga: Mees Hilgers: Saya Tiap Hari Bangun Subuh, Libur Latihan Ekstra

Berikut Suara.com menyajikan deretan pemain sepak bola berstatus saudara yang akhirnya harus mempkerkuat negara yang berbeda. 

1. Christian dan Max Vieri

Legenda sepak bola Italia, Roberto Vieri, ternyata memiliki dua anak dengan nasib yang berbeda, Christian Vieri dan Massimiliano Vieri. Padahal, keduanya sama-sama memutuskan mengikuti jejak Roberto berkarier di dunia sepak bola.

Sebab, Christian Vieri menjadi penyerang andalan Timnas Italia. Sementara Max, julukan Massimiliano Vieri, memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan Australia. Max pun akhirnya memperkuat Timnas Australia.

2. Jerome dan Kevin-Prince Boateng

Baca Juga: Baru Juga Gembira dengan Kenaikan Rangking FIFA, Malaysia Kini Harus Kembali Telan Kekecewaan

Berikutnya, ada pemain bernama Jerome Boateng dan Kevin-Prince Boateng masih memiliki ikatan darah dari seorang ayah asal Ghana. Namun, kedua pemain ini berstatus sebagai saudara tiri. Berbeda dengan saudaranya, Kevin-Prince memutuskan gabung Timnas Ghana.

Sedangkan Jerome justru bernasib mujur. Selain jadi andalan Jerman, ia juga pernah ikut meraih gelar juara Piala Dunia 2014. Uniknya, kedua pemain bersaudara ini pernah berhadap-hadapan saat memperkuat negara masing-masing, tepatnya pada Piala Dunia 2010.

3 Granit dan Taulant Xhaka

Kakak adik lainnya yang juga memutuskan jalan yang berbeda ialah  Granit Xhaka dan Taulant Xhaka. Dua lelaki yang sama-sama lahir di Swiss ini  sempat menjadi perbincangan publik pada gelaran Euro 2016.

Saat itu, dua pemain ini tampil bersama negara berbeda. Taulant memperkuat Albania, sedangkan Granit membela Swiss. Kedua orang tua mereka bukan berasal dari Swiss. Sebab, ayah dan ibu kedua pemain ini lahir di Albania.

4. Florentina, Mathias, dan Paul Pogba

Mantan pemain Manchester United, Paul Pogba, juga punya sejumlah saudara yang memutuskan untuk memperkuat Timnas yang berbeda. Pogba sendiri berstatus sebagai penggawa Timnas Prancis.

Dia bahkan pernah merasakan gelar juara Piala Dunia 2018. Berbeda dengan dirinya, kedua kakaknya, Mathias dan Florentine, hanya bermain untuk Timnas Ghana. Keduanya kalah bersinar jika dibandingkan dengan Pogba.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #daftar #pemain #kakak #adik #yang #beda #negara #terbaru #calon #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR