Hasil Final Badminton Korea Open 2024: Leo/Bagas Juara, Sajian Dobel Skor Afrika Permalukan Kang/Seo
Langkah Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, terhenti di babak semifinal Japan Open 2024. Mereka kalah dari ganda putra Malaysia, Goh Sze Fae/Nur Izzuddin, Sabtu (24/8/2024). 
11:30
1 September 2024

Hasil Final Badminton Korea Open 2024: Leo/Bagas Juara, Sajian Dobel Skor Afrika Permalukan Kang/Seo

- Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana juara Korea Open 2024 nomor ganda putra setelah permalukan wakil tuan rumah, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Rasa malu Kang/Seo semakin menjadi gegara sajian skor Afrika dari Leo/Bagas.

Berlangsung di di Mokpo Indoor Stadium, Mokpo, Leo/Bagas juara Korea Open 2024 seusai mengandaskan Kang/Seo dengan skor 1-2, Minggu (1/9/2024).

Leo/Bagas sempat tertinggal di gim pertama setelah Kang/Seo menutupnya di kedudukan 21-18. Namun siapa yang menyangka, Kang/Seo yang pada ajang BWF 500 series ini menjadi unggulan pertama, giliran digasak pada gim kedua.

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana berhasil menyamakan level seusai menggulung wakil Korea Selatan itu di kedudukan 9-21 alias skor afrika.

Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando, menang atas Choi Sol Gyu/Heo Kwang Hee (Korea Selatan), dalam babak perempatfinal Korea Open 2024, Jumat (30/8/2024). Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando, menang atas Choi Sol Gyu/Heo Kwang Hee (Korea Selatan), dalam babak perempatfinal Korea Open 2024, Jumat (30/8/2024). (pbsi)

Di gim penentuan, rasa malu Kang/Seo semakin menjadi karena digulung Leo/Bagas via skor Afrika lagi pada kedudukan 8-21.

Gelar juara Korea Open 2024 menjadi hasil gemilang bagi Leo/Bagas yang baru dibentuk sebelum Japan Open 2024 berlangsung pertengahan Agustus lalu.

Di turnamen keduanya, Leo/Bagas langsung menggasak titel juara, sekaligus memutus kekeringan gelar wakil Indonesia di ajang BWF Super 500 tersebut dalam empat tahun.

Atlet Indonesia yang membawa pulang gelar dari Korea Open terakhir kali adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada 2019.

Jalan Pertandingan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae vs Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana

Dua poin pertama diraih pasangan ganda putra Indonesia melalui smes dari Leo Rolly Carnando.

Tak ingin tertinggal jauh, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae berhasil menyamakan kedudukan di skor 2-2. Termasuk melalui kesalahan Leo Rolly Carnando dalam melakukan netting.

Leo/Bagas berhasil menciptakan gap keunggulan dua poin pada kedudukan 6-8. Momentum itu terus dipertahankan ganda putra Merah Putih ini setiap kali Kang/Seo memangkas kesenjangan poin.

Kedudukan menjadi imbang 9-9 saat Bagas Maulana gagal menyeberangkan shuttlecok. Kang/Seo bahkan berbalik unggul 10-9 setelah pengembalian tanggung dari Bagas Maulana, berhasil dituntaskan oleh Kang Min-hyuk.

Kang/Seo memimpin di interval gim pertama pada kedudukan 11-10 akibat pengembalian Leo Rolly Carnando yang terlalu melebar keluar lapangan pertandingan.

Setelah interval, dua poin beruntun dihasilkan Kang/Seo sekaligus mengubah papan skor menjadi 13-10.

Perolehan poin beruntun Kang/Seo terhenti di angka 14, setelah pengembalian dari Seo Seung-jae gagal menciptakan poin.

Leo/Bagas mendekat di kedudukan 14-13, sebelum smes Seo Seung-jae memutus momentum 3 poin beruntun dari wakil Indonesia tersebut.

Sikap terburu nafsu Seo Seung-jae dalam pengembalian shuttlecock berujung nyangkut di net, dan memberikan keuntungan bagi Leo/Bagas untuk menyamakan kedudukan di angka 15-15.

Mentalitas dari Kang/Seo pun berbicara. Berulang kali menghadapi gempuran smes dari Leo/Bagas, keduanya berhasil menciptakan momentum untuk menghasilkan poin.

Bahkan Kang/Seo yang menjadi unggulan pertama pada nomor ganda putra Korea Open kali ini, berhasil menuntaskan gim pertama menjadi kemenangan di kedudukan 21-18.

Leo/Bagas yang membutuhkan kemenangan di gim kedua, tampil lebih trengginas. Tiga poin beruntun langsung diraih kedua pasangan anyr ganda putra Indonesia di awal set kedua.

Leo/Bagas bahkan langsung memimpin lewat skor 1-6 dengan keunggulan lima poin.

Namun Kang/Seo yang tampil di depan pendukungnya sendiri juga tak ingin menelan malu. Ganda putra asal Negeri Ginseng itu langsung mengikir ketertinggalan dan merubah skor menjadi 4-6.

Tak ingin dikejar, sambaran Bagas Maulana di depan net dan Leo yang sukses memenangi drive, kembali memperlebar keunggulan menjadi 4-8.

Permainan netting yang diperlihatkan Leo Rolly Carnando berhasil berbuah poin. Skor sementara 5-10.

Pada interval gim kedua, Leo/Bagas memimpin enam angka lewat keunggulan 5-11.

Leo/Bagas memperpanjang asa mereka untuk merengkuh titel juara setelah mempermalukan Kang/Seo 9-21 di gim kedua. Skor afrika pun terjadi.

Indonesia menggondol satu gelar juara Korea Open 2024 setelah Leo/Bagas menutup gim ketiga sekaligus mempermalukan Kang/Seo lewat skor 8-21.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Nuryanti

Tag:  #hasil #final #badminton #korea #open #2024 #leobagas #juara #sajian #dobel #skor #afrika #permalukan #kangseo

KOMENTAR