Gaungkan Kampanye Anti-Perpeloncoan, Peserta Lari Founder’s 5K Run Tempuh Waktu Tercepat 24 Menit
Para peserta kegiatan Founders 5K Run di lapangan sepak bola Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Lippo Village, Karawaci, Tangerang, pada 16 Agustus 2024. 
22:10
23 Agustus 2024

Gaungkan Kampanye Anti-Perpeloncoan, Peserta Lari Founder’s 5K Run Tempuh Waktu Tercepat 24 Menit

- Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Lippo Village, Karawaci, Tangerang, menggelar ajang lari bertajuk Founder's 5K Run.

Gelaran Founder’s 5K Run merupakan salah satu tradisi yang selalu ada dalam rangkaian UPH Festival setiap tahunnya.

Selain mahasiswa baru, ajang ini juga diikuti oleh pimpinan UPH, dosen, staf, mahasiswa senior, dan civitas akademika UPH lainnya.

Dalam ajang yang berlangsung Jumat (16/8/2024) tersebut, seluruh mahasiswa baru dengan pakaian bernuansa biru dan oranye menempuh jarak lari sejauh 5 kilometer di area Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Rektor UPH, Dr (Hon) Jonathan L Parapak M Eng Sc. menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pesan jika UPH tidak hanya fokus menghadirkan pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk menjalani hidup sehat. 

Rektor juga menekankan bahwa seluruh rangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru menunjukkan bahwa UPH tidak mendukung tradisi plonco. 

Mahasiswa baru disambut dengan penuh keceriaan melalui berbagai kegiatan bermanfaat seperti seminar, kegiatan olahraga, hingga konser musik.

“UPH Festival adalah cara UPH memberikan sambutan hangat bagi mahasiswa baru, sehingga mereka merasa menjadi bagian dari keluarga besar UPH," kata Rektor UPH, dalam keterangan yang diterima Tribunnews.

"Kesehatan adalah bagian penting dari kehidupan, dan melalui kegiatan olahraga di UPH, kita titipkan pesan agar mahasiswa baru bisa belajar dengan baik. Selamat bergabung dengan keluarga besar UPH. Jagalah nama UPH dengan kehidupan yang berpusat pada Kristus dan karakter yang mulia," sambungnya.

Sementara itu, Director of Sports UPH, Dr. Stephen L. Metcalfe, Menyampaikan bahwa filosofi utama dari ajang ini adalah untuk mengingatkan mahasiswa baru tentang pentingnya menyelesaikan apa yang telah mereka mulai atau Finish What You Started. 

Pria yang akrab disapa Coach Met ini juga menekankan bahwa menjaga kesehatan fisik merupakan bagian dari ekspresi hidup yang diberikan oleh Tuhan.

Menurutnya, melalui kegiatan ini UPH tidak hanya peduli terhadap kapasitas mental dan spiritual mahasiswa, tetapi juga kesehatan fisik.

"UPH Festival ini adalah perayaan untuk meningkatkan kemampuan kita sebagai komunitas kampus. Sekarang, tanggung jawab ada pada kalian, para mahasiswa baru, untuk meneruskan semangat ini sepanjang tahun ajaran dengan pola pikir yang berkembang. Gunakan setiap kesempatan untuk mengembangkan diri secara maksimal dan nikmati perjalanan akademik kalian. 

"Pesan saya adalah, milikilah pola pikir yang berkembang, pelajari semua yang kamu bisa, dan tahun ini akan menjadi tahun yang luar biasa," paparnya.

Para peserta kegiatan Founders 5K Run Para peserta kegiatan Founders 5K Run di lapangan sepak bola Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Lippo Village, Karawaci, Tangerang, pada 16 Agustus 2024.

Pelari Tercepat Tempuh Waktu 24 Menit

Mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPH, Rangga Tanujaya, menjadi pelari pertama yang mencapai garis finish dengan waktu 24 menit. 

Sebagai seseorang yang hobi berlari, Rangga mengakui bahwa persiapannya tidak main-main, dia berlatih dengan melakukan easy run, long run, hingga interval. 

Lebih lanjut, Rangga pun berharap UPH terus mendukung prestasi mahasiswa, baik di bidang akademis maupun non-akademis.

“Rasanya senang sekali, saya tidak menyangka bisa menjadi yang pertama. Sebelum resmi menjadi mahasiswa baru, saya pernah ikut beberapa kali acara ini dan biasanya Coach Met yang selalu di depan. Jadi, saat berhasil menjadi yang pertama, saya benar-benar tidak menyangka. Tahun ini terasa berbeda karena saya bisa ikut 5K Run secara resmi sebagai mahasiswa UPH,” ucap Rangga.

Mahasiswi baru asal Amerika Serikat dari Program International Teachers College (ITC) UPH, Carly Anderson, juga membagikan pengalamannya mengikuti Founder’s 5K Run.

Meskipun menemui trek lari yang cukup sulit, Carly Andreson tetap menyelesaikannya hingga garis finish. 

"Saya sangat menantikan untuk bertemu orang-orang baru, mempelajari budaya yang berbeda, dan menjalin persahabatan dengan orang-orang dari seluruh dunia," ungkap Carly.

Selain berlari, pada sore harinya, tim Basket Pria UPH Eagles dan Tim Basket Pria Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung menjalani pertandingan persahabatan di lapangan basket UPH Kampus Lippo Village. 

Pertandingan ini menjadi tantangan bagi UPH Eagles, mengingat tim basket pria ITHB Bandung telah tiga kali menjuarai Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball tingkat nasional dan melahirkan banyak pemain profesional yang berlaga di Indonesian Basketball League (IBL). Meski begitu, tim basket pria UPH Eagles berhasil menunjukkan keunggulannya dengan meraih kemenangan 82-62.
 

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #gaungkan #kampanye #anti #perpeloncoan #peserta #lari #founders #tempuh #waktu #tercepat #menit

KOMENTAR