Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Kiper Berdarah Bali di Bundesliga, Bak Bumi dan Langit
Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Kiper Berdarah Bali di Bundesliga [X/Instagram]
11:54
23 Agustus 2024

Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Kiper Berdarah Bali di Bundesliga, Bak Bumi dan Langit

Kiper FC Dallas Maarten Paes dipastikan akan membela Timnas Indonesia. Informasi ini disampaikan langsung oleh ketua umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, status Maarten Paes untuk bisa dipastikan membela Timnas Indonesia harus melewati jalan cukup berliku. Butuh waktu cukup panjang bagi Timnas Indonesia akhirnya bisa mendapatkan Maarten Paes.

“Kami percaya bahwa Marteen Paes akan membawa dampak positif bagi tim dan membantu Indonesia meraih prestasi yang lebih baik. Keputusan ini menunjukkan komitmen PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik untuk membangun masa depan sepak bola Indonesia," jelas Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Ilustrasi maarten paes main di liga mana (Instagram @maartenpaes)Ilustrasi maarten paes main di liga mana (Instagram @maartenpaes)

Sebelum akhirnya dipastikan membela Timnas Indonesia, nama Maarten Paes sempat dibandingkan dengan kiper lain yang juga berdarah Indonesia.

Baca Juga: Punya Nama Latin, Pemain Muda di Liga Denmark Ini Punya Darah Madiun-Bogor

Ia adalah kiper yang membela klub Bundesliga FC Augsburg, Daniel Klein. Usia Klien bahkan lebih muda tiga tahun dibanding Paes.

Daniel Klien diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Dikutip dari sejumlah sumber, ibu dari Klien ialah orang Bali.

Bahkan pada Februari lalu, Daniel Klien mengaku tertarik untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Dikutip dari akun Instagram @ahmad.reza_85 via akun @nusantara.ballers, kiper berusia 22 tahun tersebut mengaku terbuka untuk dinaturalisasi.

Kiper keturunan, Daniel Klein berpostur 191 cm yang nyatakan siap bela timnas Indonesia. (Instagram/@daniel.kleiin)Kiper keturunan, Daniel Klein berpostur 191 cm yang nyatakan siap bela timnas Indonesia. (Instagram/@daniel.kleiin)

Mulanya, ia dihubungi oleh Fandy Bachdim beberapa waktu lalu untuk menanyakan kemungkinannya membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Marc Klok Bagikan Kabar Bahagia: Sudah Tidak Sabar

Daniel Klein pun kemudian menjawab bisa saja bergabung tim Merah Putih dalam waktu dekat dan mengaku dirinya bakal mendapat restu dari sang ibu.

Jika dibandingkan, harga pasar antara Paes dengan Daniel Klein pun ibarat bumi dan langit. Sebagai kiper muda, nilai trasnfer Klien terbilang kecil yakni Rp2,61 miliar.

Kalah jauh jika dibandingkan dengan nilai pasar Paes yang sudah menembus di angka Rp26,7 miliar.

Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Kiper Berdarah Bali di Bundesliga [Transfermarkt.co.id]Perbandingan Harga Pasar Maarten Paes vs Kiper Berdarah Bali di Bundesliga [Transfermarkt.co.id]

Jika merujuk pada data statistik nilai pasar kedua kiper keturunan Indonesia, nilai pasar Paes melonjak pada Juni 2024.

Data Transfermarkt mencatat di bulan itu, Paes hanya memiliki nilai pasar Rp15,63 miliar. Sementara untuk Klien, nilai pasarnya melonjak saat bergabung ke Augsburg dari angka Rp1,7 ke angka Rp2,61 miliar.

Sementara untuk catatan permainan, Klein dari 127 pertandingan sepanjang kariernya mencatatkan 32 kali cleansheat.

Sedangkan Maarten Paes tercatat memiliki catatan cleansheat sebanyak 43 kali dari 185 pertandingan.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #perbandingan #harga #pasar #maarten #paes #kiper #berdarah #bali #bundesliga #bumi #langit

KOMENTAR