Kesehatan Dijamin, Penduduk Berumur Panjang: Ini 10 Negara dengan Populasi Lansia Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?
Ilustrasi lansia. (Freepik / Lifestylememory)
17:09
23 September 2024

Kesehatan Dijamin, Penduduk Berumur Panjang: Ini 10 Negara dengan Populasi Lansia Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

 – Populasi penduduk dunia yang semakin menua semakin terlihat jelas. Ada berbagai negara dengan jumlah populasi signifikan berusia 65 tahun ke atas.

Secara umum, Asia dan Eropa merupakan wilayah bagi sebagian besar populasi tua tersebut. Menurut Divisi Populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, diperkirakan jumlah orang yang berusia 65 tahun ke atas akan berlipat ganda dalam 30 tahun mendatang yang bisa mencapai 1,6 miliar pada tahun 2050.

Sejumlah negara pun harus menghadapi tantangan yang signifikan, terkait dengan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia atau lansia. Namun, adanya populasi lansia juga menjadi tolok ukur kemakmuran dalam sebuah negara.

Karena kualitas hidup yang baik bagi penduduk sebuah negara bergantung pada fasilitas dan campur tangan pemerintah di negaranya. Semakin baik fasilitas dan pelayanan yang diberikan, maka semakin baik pula kualitas dan harapan hidup penduduknya.

Dilansir dari laman Times of India, berikut 10 negara teratas dengan populasi lansia terbanyak di dunia:

  1. Monako

Nomor satu dalam daftar ini adalah Monako, dengan 36 persen penduduknya berusia 65 tahun atau lebih. Alasan utama dari persentase yang tinggi ini, karena harapan hidup penduduknya yang sangat tinggi.

Dianggap sebagai salah satu daerah terkaya dan termahal di dunia, namun perawatan kesehatannya didanai oleh negara serta penerapan pola makan yang sehat menjadi faktor pendukungnya.

  1. Jepang

Posisi kedua ditempati oleh Jepang dengan 30 persen penduduknya berusia lebih dari 65 tahun. Jadi salah satu negara dengan jumlah lansia tertinggi, alasannya adalah sistem perawatan kesehatan negara ini yang maju dan kualitas hidup yang tinggi.

Penduduk Jepang hidup rata-rata 84 tahun, karena memiliki tingkat obesitas yang rendah, pola makan sehat dengan konsumsi ikan dan makanan nabati yang tinggi. Ini yang membuat Jepang dikenal memiliki harapan hidup terpanjang di dunia.

  1. Italia

Peringkat ketiga ditempati oleh Italia dengan 24 persen penduduknya berusia 65 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh tingginya angka harapan hidup dan rendahnya angka kelahiran. Sebagai negara terpadat keenam di Eropa, penduduknya rajin mengkonsumsi makanan yang sehat seperti ikan segar, sayuran, buah-buahan, serta minyak zaitun.

Pola makan sehat dengan tingkat obesitas rendah adalah faktor utama yang berkontribusi pada umur mereka yang panjang.

  1. Finlandia

Finlandia memiliki 23 persen penduduk berusia 65 tahun atau lebih. Sistem dukungan sosial yang kuat dan standar hidup yang tinggi di negara ini, merupakan alasan di balik demografi yang menua.

  1. Portugal

Portugal juga masuk dalam daftar dengan 23 persen populasi lansia. Angka tersebut menunjukan harapan hidup yang tinggi dan angka kelahiran yang rendah, mirip dengan beberapa negara Eropa.

  1. Yunani

Yunani pun memiliki 23 persen populasi lansia yang merupakan hasil dari harapan hidup yang tinggi dan angka kelahiran yang rendah. Layanan kesehatan di negara ini juga luar biasa, yang menjadi faktor pendukung penduduknya berumur Panjang.

  1. Puerto Riko

Dengan 23 persen penduduknya berusia 65 tahun atau lebih, Puerto Riko mencerminkan tren yang terlihat di banyak negara maju yakni populasi yang menua di tengah berbagai perubahan sosial.

  1. Bulgaria

Bulgaria memiliki 22 persen penduduk berusia 65 tahun ke atas. Faktor ekonomi dan sosial, termasuk emigrasi dan angka kelahiran yang rendah, sangat berkontribusi pada demografi yang menua.

  1. Jerman

Jerman juga memiliki 22 persen penduduk dengan usia 65 tahun ke atas. Negara ini menghadapi tren penuaan karena sistem perawatan kesehatannya yang kuat dan harapan hidup yang tinggi.

  1. Perancis

Populasi lansia di Perancis yang mencapai 22 persen, menunjukan tingginya kualitas hidup negara tersebut. Program kesejahteraan sosialnya yang ekstensif sehingga mendukung demografi penuaannya.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kesehatan #dijamin #penduduk #berumur #panjang #negara #dengan #populasi #lansia #terbanyak #dunia #indonesia #termasuk

KOMENTAR