Sejumlah Keutamaan Membaca Shalawat Jibril Secara Rutin, Rezeki Dimudahkan hingga Mimpi Melihat Rasulullah
ILUSTRASI DOA (Freepik)
12:33
16 September 2024

Sejumlah Keutamaan Membaca Shalawat Jibril Secara Rutin, Rezeki Dimudahkan hingga Mimpi Melihat Rasulullah

Shalawat Jibril termasuk shalawat yang paling mudah dibaca dalam kehidupan sehari-hari. Shalawat ini sangat pendek sehingga mudah sekali dihafal, namun memiliki keutamaan yang sangat besar.

Dinamai shalawat Jibril karena shalawat ini kali pertama dijajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Adam. Shalawat ini juga diajarkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam sebuah riwayat, diturunkannya Nabi Adam ke dunia tidak lepas dari skenario Allah untuk menciptakan Nabi Muhammad. Bahkan, sebelum langit, bumi, dan seisinya diciptakan oleh Allah, nur Muhammad sudah diciptakan oleh Allah terlebih dahulu.

Dalam sebuah hadist qudsi, Allah secara tegas menyatakan tidak akan menciptakan alam semesta kalau bukan karena Nabi Muhammad.

Pada saat Nabi Adam akan menikah dengan Siti Hawa, maskawinnya berupa shalawat untuk Nabi Muhammad. Malaikat Jibril pun mengajarkan tentang shalawat pendek ini ke Nabi Adam sehingga kemudian dinamai shalawat Jibril.

Berikut lafal Shalawat Jibril: 

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Meski bacaan shalawat Jibril sangat singkat, akan tetapi shalawat ini memiliki keutamaan yang dahsyat apabila kita rutin membacanya. Banyak membaca shalawat Jibril akan membuat dimudahkan rezeki, dan keinginan kita lebih mudah terwujud.

Dilansir dari NU Online, berikut sejumlah keutamaan membaca Shalawat Jibril:

  1. Terbukanya 70 Pintu Rahmat

Shalawat Jibril dapat membuka 70 pintu rahmat bagi yang rutin membacanya. Sebagaimana  dikatakan Imam Syaroni, Rasulullah bersabda: Barang siapa membaca shalawat Jibril, maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya, dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya. Kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.

  1. Melihat Nabi Muhammad SAW dalam Mimpi

Bermimpi melihat Rasulullah merupakan suatu hal yang sangat istimewa. Karena tidak semua orang diberikan anugerah dapat melihat Rasulullah dalam mimpi.

Bermimpi melihat atau bertemu Rasulullah ddipastikan mimpinya benar berasal dari Allah. Karena setan atau iblis tidak dapat meniru wajah Rasulullah 

Dalam sebuah riwayat, ada seorang laki-laki Syiria datang kepada Nabi Muhammad SAW. Dia berkata ayahnya yang sudah renta dan buta ingin sekali melihat Rasulullah. Lalu dia disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Tak diduga, laki-laki Syiria itu melihat Nabi Muhammad di dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadits dari beliau.

  1. Memperoleh Kebaikan, Dihapuskan Keburukan.

Keutamaan lain membaca shalawat Jibril yaitu akan selalu mendapatkan kebaikan, diangkat derajatnya, dan dihapuskan  keburukannya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan darinya, dan mengangkat derajatnya.

  1. Pembuka Pintu Rezeki 

Shalawat Jibril juga memiliki keutamaan dalam hal kemudahan rezeki. Orang yang rutin membaca shalawat Jibril, akan dibukakan pintu rezekinya dari berbagai arah.

Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa membaca sholawat Jibril sebanyak 5.000 kali sehabis shalat Dhuha, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya dan uang akan 'datang' kepadanya atas izin Allah SWT.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #sejumlah #keutamaan #membaca #shalawat #jibril #secara #rutin #rezeki #dimudahkan #hingga #mimpi #melihat #rasulullah

KOMENTAR