Sederet Tokoh Hadiri Pembukaan Rapimnas Golkar: Ada RK hingga Menpora, Jokowi Datang Rabu
Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pagi ini, Selasa (20/8/2024), di Jakarta Convention Center (JCC). 
12:43
20 Agustus 2024

Sederet Tokoh Hadiri Pembukaan Rapimnas Golkar: Ada RK hingga Menpora, Jokowi Datang Rabu

- Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar telah secara resmi dibuka di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Rapimnas dibuka langsung oleh Plt Ketua Umum Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK).

Acara ini digelar sebagai pengantar dari Musyawarah Nasional (Munas) ke-XI untuk menetapkan ketua umum Golkar yang baru setelah Airlangga Hartarto mengundurkan diri.

Selama pembukaan Rapimnas berlangsung, tampak sejumlah tokoh hadir.

Mereka di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Tenaga Ahi Kontor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo.

Rapimnas juga dihadiri Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung.

Kemudian ada pula calon gubernur (cagub) Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil (RK).

Ridwan Kamil telah secara resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Ia dipasangkan bersama Suswono dari PKS.

Acara Rapimnas akan dilanjutkan dengan agenda pembukaan Munas pada sore hari.

Calon tunggal Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia dijadwalkan akan menghdiri pembukaan Munas sore ini.

Bahlil juga akan menyampaikan visi misi menjadi Ketua Umum Golar pada Munas hari kedua yang digelar Rabu (21/8/2024).

Jokowi dan Prabowo Hadiri Munas

Sementara itu, Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pihaknya telah mengundang Presien Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Keduanya dijadwalkan akan menghadiri Munas Golkar pada Rabu besok.

Selain Jokowi dan Prabowo, Agus juga menyebut pihaknya turut mengundang Airlangga Hartarto serta Jusuf Kalla.

"Ketua dewan kami undang, jadi Pak Akbar (Akbar Tanjung), Pak Ical (Abu Rizal Bakrie), Pak Agung Laksono. Semua kita undang, semua ketua-ketua dewan kita undang," tambahnya.

Pujian Bamsoet dan AGK untuk Airlangga

Dalam pembukaan Rapimnas Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan AGK sempat melayangkan pujian untuk Airlangga Hartarto.

Bamsoet menyebut keputusan Airlangga mundur dari Ketum Golkar sangat mengejutkan.

Kendati demikian, keputusan Airlangga tersebut harus dihormati.

"Bahwa terhitung sejak 10 Agustus 2024, Bapak Airlangga Hartarto telah menyatakan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar."

"Meskipun keputusan ini mengejutkan, tentunya kita semua harus menghormati keputusan beliau," ucap Bamsoet dalam sambutannya, Selasa, dilansir YouTube Kompas TV.

Ia menilai Airlangga sebagai kader terbaik Golkar.

Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi Golkar pada Pemilu 2024 lalu.

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Pelaksana Bambang Soesatyo, Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Partai Golkar Adies Kadir dan Ketua OC partai Golkar Sari Yuliati berfoto bersama usai membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). Partai Golkar menggelar Rapimnas yang membahas pengunduran diri Airlangga Hartarto dan penetapan Plt Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita serta penentuan dan pengesahan jadwal Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar 2024. Tribunnews/Jeprima Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Pelaksana Bambang Soesatyo, Ketua Steering Committee Rapimnas dan Munas Partai Golkar Adies Kadir dan Ketua OC partai Golkar Sari Yuliati berfoto bersama usai membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). Partai Golkar menggelar Rapimnas yang membahas pengunduran diri Airlangga Hartarto dan penetapan Plt Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita serta penentuan dan pengesahan jadwal Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar 2024. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Golkar berhasil menjadi juara kedua Pemilu 2024.

"Pak Airlangga adalah salah satu kader terbaik yang pernah dimiliki kader Partai Golkar."

"Dan ini dibuktikan ketika di bawah kepemimpinan beliau Golkar sukses menempati urutan kedua perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2024 yang baru saja kita lalui bersama," ucapnya.

Pujian senada disampaikan AGK saat membuka Rapimnas Golkar.

Mewakil seluruh kader Golkar, AGK menyampaikan terima kasih kepada Airlangga.

"Izinkanlah saya mewakili seluruh kader Partai Golkar se-Indonesia untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Airlangga Hartarto atas dedikasi beliau dalam memimpin Partai Golkar selama tujuh tahun belakangan ini," ucap AGK ketika memberikan sambutan, Selasa.

Ia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk Airlangga atas prestasinya selama menjabat Ketum Golkar.

"Terutama dalam menjaga dan mengawal pemerintahan Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin, menjadi pemenangan kedua dalam Pemilu Legislatif 2024 dengan lonjakan suara yang cukup signifikan, dan memenangkan pasangan presiden dan wakil presiden Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran," ungkapnya.

(Tribunnews.com/Jayanti Tri Utami/Muhammad Deni/Milani Resti/Chaerul Umam)

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #sederet #tokoh #hadiri #pembukaan #rapimnas #golkar #hingga #menpora #jokowi #datang #rabu

KOMENTAR