Sinyal-sinyal Reshuffle Pagi ini dari Mulut para Menteri Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan saat Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2024). Sinyal Jokowi disebut bakal reshuffle kabinet pagi ini, ada lima kementerian atau lembaga yang akan dirombak ditambah satu kepala lembaga baru. 
05:36
19 Agustus 2024

Sinyal-sinyal Reshuffle Pagi ini dari Mulut para Menteri Presiden Jokowi

Reshuffle kabinet dikabarkan berlangsung beberapa jam lagi, Senin (19/8/2024) hari ini di Istana Negara.

Sumber Tribunnews di lingkungan Istana membenarkan rencana reshuffle itu pukul 09.00 WIB nanti.

Sejumlah menteri Jokowi sejak akhir pekan kemarin sudah memberikan sinyal soal reshuffle.

Bahkan ada menteri ngaku sangat siap di reshuffle.

Dari informasi yang beredar di kalangan awak jurnalis di Istana, setidaknya ada lima kementerian atau lembaga yang akan dirombak ditambah satu kepala lembaga baru yang akan dilantik.

Beredar Daftar Menteri yang Kena Reshuffle Pagi ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan kembali melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Senin (19/8/2024) hari ini.

Sumber Tribunnews di lingkungan Istana membenarkan rencana reshuffle itu.

"Besok (hari ini) jam 9," ujar sumber Tribunnews itu saat dikonfirmasi Minggu (18/8/2024).

Dari informasi yang beredar, lima menteri atau Kepala lembaga yang akan dirombak itu yakni:

1.Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan diganti politisi Partai Gerindra yang merupakan eks Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas.

2.Menteri ESDM Arifin Tasrif akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi atau Kepala BKPM.

Adapun jabatan Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang pada Pilpres lalu merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani menyambangi kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). (Fersianus Waku) Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani menyambangi kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). (Fersianus Waku) (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

3. Kepala Badan Pangan Nasional yang sebelumnya dijabat oleh Arief Prasetyo dikabarkan akan digantikan oleh Prof Rachmat Pambudi yang merupakan akademisi.

4. Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional yang merupakan lembaga baru. Jabatan tersebut akan diisi oleh Dadan Hindayana.

5. Presiden Jokowi kabarnya juga akan mengganti Menteri LHK Siti Nurbaya. Siti Nurbaya kabarnya akan digantikan oleh Raja Juli Antoni yang kini menjabat Wamen ATR/BPN.

Bocoran Reshuffle Versi Menteri Budi Arie

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut tak ada reshuffle atau perombakan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) minggu lalu.

Namun, Budi Arie tak menutup kemungkinan akan terjadi pada minggu-minggu yang akan datang, termasuk awal pekan ini.

"Minggu ini tidak ada reshuffle, enggak tahu Minggu depan," kata Budi Arie saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Bocoran Reshuffle Versi Menteri Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan RI (Mendag) Zulkifli Hasan buka suara soal adanya wacana pergantian menteri atau reshuffle kabinet Indonesia Maju di akhir Kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kata Zulhas, sejatinya perihal dengan reshuffle merupakan hak penuh yang dimiliki oleh seorang presiden.

"Ya, reshuffle itu hak penuhnya, Pak Presiden, kan beliau punya hak prerogatif," kata Zulhas saat ditemui awak media di Kantor DPP PAN, Rabu (14/8/2024).

Oleh karena itu, Zulhas sebagai menteri, hanya akan mengikuti dan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Perihal tanggal dalam melakukan reshuffle juga kata dia, pasti sudah dalam hitungan Presiden.

Namun, untuk kabar reshuffle yang beredar saat ini, Zulhas tidak membeberkan kebenarannya secara rinci.

"Terserah kepada Presiden, mau reshuffle tanggal 19, tanggal 20, haknya, ya. Hak prerogatif Presiden," tandas dia.

Menteri Yasonna Hamonangan Laoly Siap Direshuffle

Yasonna Hamonangan Laoly sebelumnya sudah menyatakan kesiapannya jika Presiden Jokowi mereshuffle dirinya dari jabatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Menurut Yasonna, reshuffle kabinet sepenuhnya kewenangan presiden.

“Isu reshuffle adalah kewenangan sepenuhnya Presiden Indonesia. Am I ready or not? I am more than ready (apa aku siap atau tidak? Aku sudah sangat siap),” ucap Yasonna kepada wartawan usai acara Peluncuran Desain Baru Paspor Republik Indonesia di Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Yasonna pun meminta publik untuk menunggu hingga Senin (19/8/2024) untuk kepastian apakah dirinya diganti atau tidak oleh Presiden Jokowi.

“Kita tunggu besok lusa," kata politisi PDIP itu.

Kata Istana soal Reshuffle

Sebelumnya, Istana melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet pada satu atau dua hari ke depan.

Hal itu disampikan Ari merespon kabar Jokowi akan reshuffle Kabinet dalam waktu dekat.

"Tidak ada rencana/tidak ada agenda reshuffle kabinet pada tanggal 14 atau 15 Agustus 2024, seperti isu yang beredar," kata Ari, Rabu, (14/8/2024).

Menurut Ari, sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi bahwa reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. Reshuffle tersebut dapat dilakukan bila diperlukan.

"Seperti yang telah disampaikan bapak Presiden ke media, 13 Agustus 2024 di IKN, bahwa pengangkatan dan pemberhentian menteri adalah hak prerogatif Presiden yang dapat dipergunakan jika diperlukan," katanya.

Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Bila Diperlukan

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal isu perombakan atau reshuffle Kabinet yang kabarnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menurut Presiden perombakan Kabinet bisa saja dilakukan apabila diperlukan.

"Ya kalau diperlukan," kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa, (13/8/2024).

Jokowi Pimpin Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN Jokowi Pimpin Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN (Sekretariat Presiden)

Beredar kabar Jokowi akan merombak 4 kabinetnya. Dua menteri yang berasal dari partai politik diisukan akan keluar dari Kabinet.

Jokowi mengatakan bahwa dirinya memiliki hak prerogatif untuk merombak kabinet.

Presiden kembali mengatakan bahwa perombakan tersebut dilakukan apabila diperlukan.

"Kalau diperlukan. Saya kan sudah ngomong dari dulu. Kalau diperlukan. Saya punya hak prerogatif," katanya.

Perombakan Kabinet semakin santer akan dilakukan Jokowi pasca mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar.

Airlangga sendiri saat ini menjabat sebagai Menko Perekonomian. Namun, Presiden mengatakan bahwa posisi Airlangga di kabinet masih aman. (tribun network/thf/Tribunnews.com)

Tag:  #sinyal #sinyal #reshuffle #pagi #dari #mulut #para #menteri #presiden #jokowi

KOMENTAR