Golkar Undang Jokowi, Prabowo hingga Airlangga saat Rapimnas dan Munas
Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua Panitia dan Penyelenggara Rapimnas dan Munas Golkar, Bambang Soesatyo di kantor DPP Partai Golkar, Minggu (18/8/2024). 
20:30
18 Agustus 2024

Golkar Undang Jokowi, Prabowo hingga Airlangga saat Rapimnas dan Munas

- Partai Golkar bakal mengundang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) dan Musyawarah nasional (Munas) Golkar 2024. 

Partai Golkar bakal menggelar Rapimnas dan Munas selama dua hari, yakni 20 dan 21 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Jokowi dan Prabowo direncanakan akan hadir saat penutupan Munas pada Selasa (21/8/2024) pukul 19.00 WIB. 

Hal itu disampaikan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily dalam konferensi pers di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (18/8/2024).

"Kami panitia penyelenggara atas arahan dari Plt ketua umum Golkar (Agus Gumiwang Kartasasmita), kami undang Pak Presiden Jokowi dan juga presiden terpilih Prabowo," ujar Ace. 

Ace mengaku, enggan berspekulasi lebih soal isu Jokowi akan diputusakan menjadi kader Golkar atau tidak. 

"Kami juga enggak mau berandai-andai atas apakah beliau nanti akan gabung Golkar atau tidak."

"Tapi yang jelas, Partai Golkar sebagai partai selama ini memberikan dukungan bagi pemerintah sudah seharusnya mengundang tokoh-tokoh,” tutur Ace.

Ace juga enggan berkomentar soal kabar yang beredar wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang akan masuk Golkar

"Kita lihat nanti," kata Ace.

Di sisi lain, Ace mengatakan, panitia Rapimnas dan Munas juga akan mengundang Airlangga Hartarto.

Namun Ace belum mengetahui apakah Airlangga akan mendapatkan posisi baru di Partai Golkar setelah mundur.

"Terkait dengan apakah beliau akan ditempatkan pada posisi di Partai Golkar tentu ini juga akan dikembalikan kepada proses Munas dan ketua umum terpilih ke depan."

"Kami tadi pagi mendapatkan arahan bahwa nanti Pak Airlangga Hartarto akan diundang di dalam Musyawarah Nasional ke-11 Partai Golkar," katanya. 

Ketua Penyelengara Rapimnas dan Munas Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menjelaskan bahwa Rapimnas yang digelar di JCC Senayan bakal dimulai  pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Kemudian, pada siang harinya pukul 14.00 WIB akan dilakukan persiapan Munas

Agenda utama rapimnas kali ini adalah pengesahan pengunduran diri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, serta pengesahan Agus Gumiwang sebagai Plt ketua umum.

“Jadi rapimnas ini adalah pengesahan pengunduran diri ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kedua pengesahan plt dan pengesahan jadwal munas akan dilaksanakan pada tanggal yang sama,” kata Bamsoet.

Jumlah undangan rapimnas mencapai lebih dari 500 orang. 

Sementara munas diperkirakan akan dihadiri oleh 1.500 peserta.

Munas nantinya akan dibuka secara resmi pada pukul 15.00 WIB oleh Plt ketua umum Partai Golkar dengan agenda sesuai yang telah ditetapkan.

Kemudian, Munas dilanjutkan pada 21 Agustus, dengan agenda mendengarkan laporan-laporan komisi serta pemilihan atau penetapan ketua umum Partai Golkar untuk periode 2024-2029.

Golkar Buka Pendaftaran Bakal Ketum Mulai Besok 

Partai Golkar membuka pendaftaran calon Ketua Umum Golkar periode 2024-2029 mulai Senin (19/08/2024) sore, pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. 

"Pembukaan pendaftaran dibuka besok sore sampai jam 10, tentunya sesuai peratutan yang ada dalam AD/ART," kata Bamsoet. 

Calon Ketua Umum Golkar nantinya akan diseleksi menurut persyaratan sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar.  

Panitia munas telah menyiapkan rancangan keputusan, salah satunya soal mekanisme pemilihan.

Bambang Soesatyo menyebut, seorang calon ketua umum (caketum) harus memiliki minimal dukungan sebesar 30 persen dari ketua DPD tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Teknis pencalonan pada saat di Rapimnas nanti membawa minimal 30 persen surat dukungan dari DPD 1 dan DPD 2," ujar Bamsoet. 

(Tribunnews.com/Milani Resti)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #golkar #undang #jokowi #prabowo #hingga #airlangga #saat #rapimnas #munas

KOMENTAR