Jessica Wongso Bebas Bersyarat, Otto Hasibuan: Jess, Welcome Home
Terpidana kasus pembunuhan berencana 'kopi sianida', Jessica Kumala Wongso keluar usai mengurus adminstrasi wajib lapor di Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur, Minggu (18/8/2024). -- Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, turut menyampaikan rasa bahagianya karena kliennya telah bebas bersyarat, Minggu (18/8/2024). 
18:49
18 Agustus 2024

Jessica Wongso Bebas Bersyarat, Otto Hasibuan: Jess, Welcome Home

Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, turut menyampaikan rasa bahagianya karena kliennya telah bebas bersyarat pasca menjalani 8 tahun masa tahanan atas kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Minggu (18/8/2024).

Dalam konferensi pers yang digelar sore ini, Otto mengaku telah menganggap Jessica sebagai keluarganya sendiri.

"Hari ini, adalah hari yang berbahagia buat kami, khususnya buat Jessica Wongso. Karena hari ini, Tuhan memberikan kesempatan kepada Jessica untuk dapat bebas bersyarat dari Lapas Pondok Bambu, hari ini tanggal 18 bulan delapn tahun 2024," ucapnya dalam tayangan Kompas TV, Minggu.

"Jadi persis, Jessica sudah hampir 8 tahun lebih melanjani hukuman di penjara," imbuhnya.

Lebih lanjut, Otto mengatakan, pihaknya tetap mendampingi Jessica sejak kasus pembunuhan Wayan bergulir hingga sekarang ini.

"Jess, welcome home, kami merasa Jessica sudah menjadi keluarga kami semua. Di sini ada tim lawyer yang menangani kasus Jessica selama ini, tetap setia dari tahun 2016 sampai 2024, tak satupun yang berubah, semua tetap konsisten melakukan bantuan hukum kepada Jessica," ungkapnya.

Bakal Ajukan PK

Lebih lanjut, Otto mengatakan, pihaknya bakal mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) terkait kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin.

Menurut Otto, pengajuan PK dilakukan karena putusan terhadap Jessica tidak sesuai fakta.

"Kami sebagai lawyer dilakukan diskusikan dengan Jessica merasa bahwa mungkin putusan itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi menurut kami. Kita akan mencoba peluang untuk mengajukan PK terhadap perkara itu ya jadi itu posisinya," kata Otto di Senayan Avenue, Jakarta, Minggu.

Otto mengatakan, pihaknya memiliki hak untuk mengajukan PK terkait kasus yang menjerat Jessica.

Meski demikian, Otto tetap menghormati putusan majelis hakim yang menetapkan bahwa Jessica bersalah dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin.

Jessica Wongso Akui Plong

Sementara itu, Jessica mengaku bersyukur dapat kembali bertemu keluarga dan teman-temannya.

"Saya hari ini bersyukur, karena sudah bisa keluar dari Lapas, bertemu kembali dengan keluarga, teman-teman, pengacara, terima kasih dukungannya, support, segala macam yang baik buat saya, sangat berarti," ucapnya usai bebas bersyarat, Minggu sore.

Lantas, ketika ditanya awak media mengenai perasaannya, Jessica mengatakan, dirinya sudah tidak ada kebencian dalam dirinya terkait kasus yang menimpanya.

"Pada awal terjadi saya merasakan sedih sekali, seiring berjalannya waktu, sekarang ini saya sudah memaafkan semua yang sudah melakukan hal buruk kepada saya, sudah ada tidak ada kebencian lagi di hati, saya sudah plong untuk menjalani apa yang harus saya jalani," ungkapnya.

Diketahui, Jessica Wongso terlebih dahulu keluar dari Lapas Pondok Bambu tempat dirinya menjalani tahanan.

Jessica merupakan terpidana kasus pembunuhan kopi sianida yang divonis penjara selama 20 tahun pada 2016 lalu.

Foto-foto terbaru terpidana kasus kopi sianida, Jessica Wongso, setelah bebas bersyarat pada Minggu (18/8/2024), gelar konferensi pers. Foto-foto terbaru terpidana kasus kopi sianida, Jessica Wongso, setelah bebas bersyarat pada Minggu (18/8/2024), gelar konferensi pers. (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan vonis hukuman 20 tahun penjara kepada terdakwa kasus kematian Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, Kamis (27/10/2016) 8 tahun lalu.

Jessica Wongso dianggap bersalah dan memenuhi unsur dalam Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS, Fahmi Ramadhan)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #jessica #wongso #bebas #bersyarat #otto #hasibuan #jess #welcome #home

KOMENTAR