Sidang Tahunan 2024, 528 Anggota Dewan Hadir
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato terkait dengan Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/sgd/tom]
13:00
16 Agustus 2024

Sidang Tahunan 2024, 528 Anggota Dewan Hadir

Sebanyak 528 anggota DPR/MPR/DPD terkonfirmasi hadir dalam agenda Sidang Tahunan yang digelar hari ini, Jumat (16/8/2024).

Sidang tahunan yang dibuka Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet ini digelar di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet sempat menyapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat negara lainnya.

Nantinya, Jokowi diketahui akan menyampaikan pidato kenegaraannya dalam sidang tersebut.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Prabowo: Saya Serahkan Tongkat Estafet Kepemimpinan

"Para anggota MPR, DPR, dan DPD yang kami muliakan, para duta besar negara sahabat, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI dan Kapolri. Para insan pers media cetak dan elektronik dalam dan luar negeri. Para perwakilan teladan di penjuru tanah air," kata Bamsoet, Jumat (16/8/2024.

Bamsoet kemudian menyampaikan jumlah kehadiran anggota Dewan. Dia menyebut sebanyak 528 anggota MPR/DPR/DPD RI hadir dalam sidang tahunan kali ini.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan sekretariat jenderal sampai saat ini telah hadir 528 anggota dari 711 anggota MPR/DPR/DPD RI," ujar Bamsoet.

Bamsoet mengatakan jumlah kehadiran itu telah memenuhi syarat. Dia lantas membuka dengan resmi sidang tahunan tersebut.

"Dengan demikian, maka berdasarkan ketentuan Pasal 66 ayat 5 peraturan Tata Tertib MPR, dan Pasal 281 ayat 1 peraturan Tata Tertib DPR, serta Pasal 256 ayat 5 peraturan Tata Tertib DPD, sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka," ucap Bamsoet.

Baca Juga: Ketua DPR: Kekuasaan Perlu Negarawan yang Politisi, Bukan Politisi Demi Kepentingan Pribadi dan Keluarga!

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmahnirrahim, sidang MPR tahun 2024 dan sidang bersama DPR dan DPD tahun 2024, dengan agenda laporan kinerja lembaga-lembaga negara yang akan disampaikan oleh Presiden dan pidato kenegaraan Presiden, dalam rangka memperingati HUT ke-79 RI. Kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #sidang #tahunan #2024 #anggota #dewan #hadir

KOMENTAR