Pesan Jokowi ke Prabowo: Saya Serahkan Tongkat Estafet Kepemimpinan
Presiden Joko Widodo saat berpidato kenegaraan pada sidang tahunan di gedung MPR-DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). [Suara.com/Dea]
12:52
16 Agustus 2024

Pesan Jokowi ke Prabowo: Saya Serahkan Tongkat Estafet Kepemimpinan

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR dan DPD RI di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dia menjelaskan bahwa kali ini merupakan kesempatan terakhir baginya menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan setelah 10 tahun menjabat sebagai presiden.

"Bapak Prabowo Subianto tahun depan, Insyallah, Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan," kata Jokowi dalam pidatonya.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyebut dirinya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan sebagai presiden kepada Prabowo pada 20 Oktober 2024 atau hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Baca Juga: Ketua DPR: Kekuasaan Perlu Negarawan yang Politisi, Bukan Politisi Demi Kepentingan Pribadi dan Keluarga!

"Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa, dari pusat-pusat kota kepada Bapak," ujar Jokowi.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto pada pemerintahan periode mendatang," tambah dia.

Menanggapi pernyataan Jokowi itu, Prabowo yang juga hadir pada Sidang Tahunan ini terlihat berdiri tegak menghadap ke arah Jokowi berdiri.

Sekadar informasi, DPR RI menggelar Sidang Tahunan bersama MPR RI dan DPD RI pada hari ini. Sidang ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajarannya di Kabinet Indonesia Maju.

Setelahnya, DPR RI juga akan melanjutkan agenda dengan menggelar Sidang Paripurna rentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Baca Juga: Puan Kritik Pemilu 2024 di Sidang Tahunan: Apakah Rakyat Dapat Memilih Tanpa Rasa Takut?

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #pesan #jokowi #prabowo #saya #serahkan #tongkat #estafet #kepemimpinan

KOMENTAR