Reaksi Prabowo Diberi Jokowi Pesan dan Doa di Sidang Tahunan MPR
Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI, Jumat (16/8/2024). 
11:47
16 Agustus 2024

Reaksi Prabowo Diberi Jokowi Pesan dan Doa di Sidang Tahunan MPR

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI, Jumat (16/8/2024).

Selain mendapat pesan dari Jokowi, Prabowo juga mendapat doa.

Diketahui, ini merupakan pidato kenegaraan terakhir Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan DPR, MPR, dan DPD RI.

"Kepada presiden terpilih, Bapak Jenderal TNI Purnawiran Prabowo Subianto, tahun depan Insya Allah Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan," ungkap Jokowi diiringi tepuk tangan hadirin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya di Sidang Tahunan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya di Sidang Tahunan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (YouTube/TV Parlemen)

Jokowi juga bicara terkait estafet kepemimpinan yang akan diberikan pada Prabowo.

"Nanti, pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto."

Mendengar pesan dari Jokowi, Prabowo kemudian berdiri.

"Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan, dan cita-cita masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa dan pusat-pusat kota, kepada Bapak," lanjut Jokowi.

Jokowi juga mendoakan agar kepemimpinan Prabowo senantiasa diberi petunjuk dan kemudahan.

Prabowo yang mengenakan setelan jas dan duduk di jajaran menteri, lalu memberikan sikap hormat melalui cakupan tangan yang ia letakkan di bagian kening.

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI, Jumat (16/8/2024). Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden Terpilih pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto mendapat pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang tahunan MPR bersama DPR dan DPD RI, Jumat (16/8/2024). (YouTube/TV Parlemen)

"Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto pada pemerintahan periode mendatang," ungkap Jokowi.

Gibran Tidak Diundang

Adapun pada sidang tahunan ini, wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, tidak diundang.

Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar menyebut pihaknya tidak mengundang presiden maupun wakil presiden terpilih.

"Pak Prabowo hadir sebagai dua, sebagai Menhan kedua sebagai Ketua Umum Partai," kata Indra di kompleks parlemen, Jumat.

Dia menjelaskan, presiden dan wakil presiden terpilih tak diundang mengingat keterbatasan tempat.

"Karena hari ini tata letak kursi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di panggung utama itu hanya ada presiden, wakil presiden dan pimpinan sidang Ketua MPR, DPR, DPD," ujar Indra.

Diketahui, sejumlah tokoh dan pejabat negara terpantau dalam sidang tahunan kali ini.

Mereka antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih RI Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ada Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto, Reza Deni, Fersianus)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #reaksi #prabowo #diberi #jokowi #pesan #sidang #tahunanmpr

KOMENTAR