Hari Ini Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sidang Tahunan MPR, Simak Selengkapnya!
Pekerja melakukan dekorasi Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/8/2021). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]
09:04
16 Agustus 2024

Hari Ini Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sidang Tahunan MPR, Simak Selengkapnya!

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 bakal digelar Jumat (16/8/2024) hari ini. Terkait adanya sidang tahunan itu, Polda Metro Jaya bakal menerapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung MPR/DPR RI.

"Untuk rekayasa lalu lintas, kami berlakukan situasional untuk memastikan arus lalu lintas lancar," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dikutip dari Antara, Jumat. 

Dalam sidang tahunan MPR itu, sebanyak 600 anggota polisi lalu lintas (polantas) akan disebar untuk mengamankan rute perjalanan pejabat negara termasuk Presiden Jokowi yang bakal melakukan pidato kenegaraan. 

"Arus lalu lintas dari arah kawasan lampu lalu lintas (traffic light/TL) Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diminta putar balik di kolong sekat dua atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi," bebernya.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Jelang Sidang Putusan MK Hari Ini, 3 Titik Jalan Di Jakarta Bakal Ditutup

Kemudian, arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang, selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau. 

Peta rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan DPR/MPR saat pelaksanaan sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024, Jumat (16/8/2024). (ANTARA/HO-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya)Peta rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan DPR/MPR saat pelaksanaan sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024, Jumat (16/8/2024). (ANTARA/HO-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya)

"Selanjutnya arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika, " kata Latif.

Berikutnya arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan pintu satu Senayan atau diminta putar balik di TL Asia Afrika.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat dua atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.

"Lalu arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi, " katanya.

Baca Juga: Hentikan One Way Arus Balik Lebaran 2024 Selasa Pagi, Kakorlantas Polri: Lalin Normal Dua Arah!

Ribuan Tamu Undangan 

Sebanyak 2.022 tamu undangan dijadwalkan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat. 

"Akan dihadiri kurang lebih 2,022 undangan, yang terdiri dari 1.222 undangan di dalam Gedung Nusantara dan 800 tamu undangan yang ditempatkan di area Plaza Gedung Nusantara IV MPR/DPR/DPD RI," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet, sapaan karibnya, menjelaskan bahwa format Sidang Tahunan MPR RI yang digelar satu rangkaian bersama Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024 sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dia lantas merinci bahwa para tamu undangan tersebut terdiri dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hingga Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Kemudian, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #hari #polisi #terapkan #rekayasa #lalin #sidang #tahunan #simak #selengkapnya

KOMENTAR