Daftar Lengkap Penerima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Siapa Saja?
Anugerah Bintang Mahaputera (Instagram/hadi.tjahjanto)
19:00
15 Agustus 2024

Daftar Lengkap Penerima Penghargaan Bintang Mahaputera dari Jokowi, Siapa Saja?

Presiden Joko Widodo menganugerahkan berbagai penghargaan kepada 64 orang yang dianggap layak menerimanya. Penghargaan yang diberikan meliputi Medali Kepeloporan, Bintang Republik Indonesia Utama, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma. Acara penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Penghargaan-penghargaan tersebut diberikan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103, 104, 105, 106, 107, dan 108/TK/Tahun 2024 yang dikeluarkan di Jakarta. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai Anugerah Bintang Mahaputera. Lantas siapa saja yang mendapatkan penghargaan tersebut? Simak hingga tuntas, ya!

Apa itu Bintang Mahaputera?

Bintang Mahaputera adalah salah satu tanda kehormatan tertinggi di Indonesia, berada di bawah Bintang Republik Indonesia. Penghargaan ini diresmikan pada tahun 1959 dan diberikan kepada mereka yang berjasa besar dalam menjaga persatuan, keberlangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara otomatis, Presiden dan Wakil Presiden Indonesia menerima tanda kehormatan ini dalam kelas tertinggi, "Bintang Mahaputera Adipurna."

Baca Juga: Siap Gantikan Airlangga, Bahlil Kantongi Restu Jokowi Pimpin Golkar?

Penerima Bintang Mahaputera harus memenuhi kriteria berupa kontribusi luar biasa di bidang kebudayaan yang memberikan manfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran negara, serta mendapatkan pengakuan di tingkat nasional dan internasional.

Klasifikasi Bintang Mahaputera

Bintang Mahaputera terbagi menjadi lima tingkatan, yaitu Adipurna, Adipradana, Utama, Pratama, dan Nararya.

Berikut ini adalah rincian lima kelas penghargaan tersebut:

  1. Adipurna – lencana bintang dipasang pada selempang yang melintang di pundak kanan dan lambang patra di dada kiri.
  2. Adipradana – lencana bintang dipasang pada selempang yang melintang di pundak kanan dan lambang patra di dada kiri.
  3. Utama – lencana bintang dikenakan dengan pita kalung di leher dan lambang patra di dada kiri.
  4. Pratama – lencana bintang dikenakan dengan pita kalung di leher dan lambang patra di dada kiri.
  5. Nararya – lencana bintang dikenakan dengan pita kalung di leher dan lambang patra di dada kiri.

Tujuan pemberian Bintang Mahaputera adalah untuk menghormati individu yang telah memberikan jasa luar biasa dalam memelihara keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa dan negara.

Baca Juga: Konsisten Terapkan Prinsip Berkelanjutan, BTN Borong Penghargaan ESG Initiatives Award 2024

Daftar Menteri Penerima Bintang Mahaputera

Berikut adalah daftar lengkap penerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Republik Indonesia dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-79:

1. Bintang Mahaputera Adipradana

Penerima penghargaan ini mencakup Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Laksamana (Purn) Yudo Margono. Selain itu, ada Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmad Gobel, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri ESDM Arifin Tasrif, serta Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. Penghargaan ini juga diberikan kepada Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Jaksa Agung ST Burhanuddin, anggota Wantimpres Muhammad Luthfi Al Yahya dan Putri Kus Wisnu Wardani, serta Gubernur Lemhannas Agus Widjojo.

2. Bintang Mahaputera Utama

Penerimanya adalah Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, serta mantan KSAD Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman dan mantan KSAU Marsekal (Purn) Fadjar Prasetyo.

3. Bintang Mahaputera Pratama

Penghargaan ini diterima oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

4. Bintang Mahaputera Nararya

Penghargaan ini diberikan kepada Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Sultan Baktiar Najamudin, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia Sri Woerjaningsih, dan Peneliti Ahli Utama BRIN Yohanes Purwanto.

5. Bintang Mahaputera

Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Idham Azis juga termasuk dalam daftar penerima penghargaan ini.

Itulah Rangkuman mengenai Anugerah Bintang Mahaputera, Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #daftar #lengkap #penerima #penghargaan #bintang #mahaputera #dari #jokowi #siapa #saja

KOMENTAR