Contoh Teks Amanat Pembina Upacara HUT ke-79 RI, 17 Agustus 2024
Ilustrasi upacara Bendera Kemerdekaan RI - Berikut contoh teks amanat pembina Upacara HUT ke-79 RI tahun 2024, dilaksanakan secara serentak pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024. 
14:22
15 Agustus 2024

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara HUT ke-79 RI, 17 Agustus 2024

Berikut contoh teks amanat pembina Upacara HUT ke-79 RI tahun 2024.

Berdasarkan pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT ke-79 RI, terdapat ketentuan pembacaan teks amanat pembina upacara.

Upacara HUT ke-79 RI akan diperingati dan laksanakan secara serentak pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pada Upacara Peringatan HUT ke-79 RI 2024 ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengangkat tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju."

Simak teks sebagai amanat pembina Upacara HUT ke79 RI 2024 yang Tribunnews.com kutip dari laman Pemkot Salatiga, berikut ini.

Teks Amanat Pembina Upacara HUT ke79 RI 2024

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera,

Om Swastiastu,

Nammo Budhaya,

Salam Kebajikan

Çrir Astu Swasti Prajabhyah.

Di pagi yang penuh berkah ini, marilah kita bersama-sama bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk mengikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

Kemerdekaan Indonesia bukanlah diperoleh dari pemberian atau pembagian, tetapi melalui jerih payah dan pengorbanan para pendahulu bangsa, dengan mengangkat senjata, perang gerilya, maupun dengan perjuangan diplomatik.

Tujuh Belas Agustus menjadi momen yang tidak hanya mengingatkan kita pada sejarah perjuangan bangsa, tetapi juga menjadi momentum untuk merefleksikan kembali semangat dan tekad dalam mengisi kemerdekaan.

Sebagai bentuk manifestasi syukur atas nikmat kemerdekaan, tugas kita adalah melanjutkan perjuangan bangsa dengan mengisi kemerdekaan demi melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Untuk mewujudkan tujuan negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut, tentunya memerlukan komitmen segenap komponen bangsa untuk berkolaborasi, bekerja keras, berdedikasi, dan berinovasi sesuai bidang masing-masing. Seperti yang diperlihatkan oleh para atlit yang berlaga mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Dengan semangat, kedisiplinan dan perjuangan para atlit, pelatih dan ofisial, Alhamdulillah Indonesia berhasil mengukir prestasi membanggakan sekaligus menjadi kado istimewa HUT ke-79 Kemerdekaan RI, melalui perolehan 2 Medali Emas dan 1 Medali Perunggu, yang dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo, Rizki Juniansyah dan Gregoria Mariska Tunjung.

Baca juga: Teks Khotbah Jumat, 16 Agustus 2024: Mengenang Perjuangan Ulama dalam Rangka HUT ke-79 RI

Pada hakikatnya kita semua memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Berikan yang terbaik, apapun peran yang kita miliki. Bagi ASN wujudkan pelayanan publik yang profesional. Bagi TNI/POLRI terus bersemangat sebagai garda terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI serta pengayom masyarakat.

Bagi akademisi terus mengembangkan dan mendarmabaktikan ilmu pengetahuan. Bagi pelajar dan mahasiswa sebagai penerus bangsa terus bersemangat untuk belajar dan mempersiapkan diri dengan baik, guna menghadapi masa depan. Peserta upacara yang berbahagia,…

Selanjutnya perlu saya sampaikan bahwa pada tanggal 13 Agustus 2024, Saya bersama Kepala Daerah dan Penjabat Kepala Daerah se-Indonesia telah mendapatkan pengarahan langsung dari Presiden Republik Indonesia sekaligus berkesempatan meninjau ke beberapa tempat di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Momentum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini juga menjadi sebuah catatan sejarah, karena untuk pertama kalinya Upacara Detik-detik Proklamasi yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia diselenggarakan di IKN. Harapan kita bersama IKN sebagai representasi keberagaman bangsa Indonesia, jati diri, karakter sosial, persatuan dan kebesaran bangsa yang mencerminkan kekhasan Indonesia, akan semakin memperkokoh komitmen bangsa untuk terus maju, selaras dengan Tema HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Nusantara Baru, Indonesia Maju.

Tema ini memiliki makna bahwa persatuan sebagai hal dasar yang harus dicapai oleh bangsa Indonesia dan kesetaraan menjadi salah satu tujuan negara dengan cara membangun Indonesia secara berkelanjutan tanpa melupakan nilai luhur Pancasila.

Terima kasih untuk masyarakat Kota Salatiga yang telah mampu mengimplementasikan Pancasila dalam tindakan dan teladan, sehingga Kota Salatiga tetap kondusif, aman, damai, dan toleran. Saya berharap agar hal ini dapat terus kita pertahankan, lebih-lebih menjelang pelaksanaan Pilkada pada Bulan November 2024 nanti.

Mari kita wujudkan Pilkada yang berintegritas, jujur, adil, aman dan damai. Bagi yang memiliki hak pilih, gunakan hak dan kemerdekaan berpendapat dengan berpartisipasi memberikan suara demi Kota Salatiga dan Jawa Tengah.

Akhirnya, marilah kita manfaatkan momentum kemerdekaan untuk memupuk semangat dan memperkuat tekad dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Selamat Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

Dirgahayu Indonesia ! Bangunlah jiwanya ! Bangunlah Badannya ! Nusantara Baru, Indonesia Maju! Merdeka! Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

(Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

Editor: Endra Kurniawan

Tag:  #contoh #teks #amanat #pembina #upacara #agustus #2024

KOMENTAR