Jelang Pilkada 2024, Ketua MK Ingatkan Jajarannya Jaga Integritas dan Profesionalitas
Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21 MK, di halaman gedung MKRI, Jakarta, Selasa (13/8/2024). Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mengingatkan jajarannya untuk menjaga integritas dalam penanganan sengketa Pilkada Serentak 2024. 
10:18
13 Agustus 2024

Jelang Pilkada 2024, Ketua MK Ingatkan Jajarannya Jaga Integritas dan Profesionalitas

- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo mengingatkan jajarannya untuk menjaga integritas dalam penanganan sengketa Pilkada Serentak 2024.

Suhartoyo mengatakan, penanganan sengketa Pilkada merupakan kewenangan MK.

Ia mengingatkan jajarannya untuk bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Pilkada serentak 2024. Jika timbul sengketa merupakan wewenang Mahkamah Konstitusi untuk memutus atau untuk mengadilinya," kata Suhartoyo, dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-21 MK, di halaman gedung MKRI, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

"Jaga semangat jaga integritas, jaga profesionalitas dan jaga stamina agar MK mampu menjalankan wewenang dengan sebaik-baiknya secara bermartabat, aman, damai, dan berkeadilan," tambahnya.

Terlebih, Suhartoyo mengungkapkan kepercayaan publik kepada MK meningkat usai sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres dan Pileg 2024.

Ia mengaku senang mengetahui hal itu.

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Mahkamah Konstitusi (MK), di halaman Gedung MKRI, Jakarta, Selasa (13/8/2024). Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-21 Mahkamah Konstitusi (MK), di halaman Gedung MKRI, Jakarta, Selasa (13/8/2024). (Tribunnews/Ibriza Fasti Ifhami)

"Saya senang dan gembira beberapa hasil survei terbaru menunjukkan tingkat kepercayaan publik dan citra Mahkamah Konstitusi yang semakin baik, terlebih seusai Mahkamah Konstitusi menuntaskan perkara perselisihan hasil pemilihan presiden dan pemilihan legislatif," kata Suhartoyo.

Menurutnya, peningkatan itu perlu disyukuri bersama.

"Harus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan meningkatkan performa Mahkamah Konstitusi dengan menguatkan independensi, imperialitas dan dengan putusan yang terus kita tingkatkan," ucap Suhartoyo.

Meski demikian, Suhartoyo mengatakan akan ada banyak tantangan yang dihadapi Mahkamah Konstitusi ke depan.

Ia lantas meminta jajarannya untuk bersikap adaptif.

"Tantangan ke depan sudah pasti semakin tidak mudah, semakin kompleks dan dinamis, dari semua sisi-sisi, baik politik, sosial budaya, ekonomi, teknologi dengan iklim kompetisi yang juga semakin kompleks," tuturnya.

"Di tengah kondisi itu Mahkamah Konstitusi dituntut semakin adaptif, mampu mengikuti perkembangan Iptek, harus semakin profesional, memiliki cara pandang dan mindset lebih modern dibanding konsep modern ketika awal-awal MK berdiri," tambah Ketua MK itu.

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #jelang #pilkada #2024 #ketua #ingatkan #jajarannya #jaga #integritas #profesionalitas

KOMENTAR