Siti Nurbaya Paparkan Keberhasilan KLHK Selama 10 Tahun Terakhir
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya 
03:31
12 Agustus 2024

Siti Nurbaya Paparkan Keberhasilan KLHK Selama 10 Tahun Terakhir

- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyatakan, selama masa 10 tahun kinerja KLHK, telah ada keberhasilan-keberhasilan.

Misalnya pengendalian kebakaran hutan dan lahan, percepatan perhutanan sosial, perlindungan biodiversity, pembangunan infrastruktur hijau, upaya pemulihan lahan, pengendalian deforestasi, dan pengembangan ekonomi sirkuler.

"Dan yang penting serta yang utama adalah public campaign dan partisipasi publik," kata Menteri Siti Nurbaya ketika memberikan sambutan pada acara Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night) Festival Lingkungan,Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE - 2) Tahun 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/8/2024) malam.

Penganugerahan itu lanjut Menteri Siti, sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kontribusi nyata para insan individu maupun kelompok dalam penanganan isu-isu lingkungan dan penyelamatan sumber daya alam.

Maka pada Penyelenggaraan LIKE-2 ini, diadakan pula Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night). 

Untuk itu, telah dihadirkan pada kesempatan yang baik ini, Seluruh Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 yang datang dari berbagai elemen masyarakat. 

Para Penerima Penghargaan LIKE-2 Tahun 2024 mencakup unsur Pemerintah Daerah, Sektor Dunia Usaha, Komunitas Lingkungan, Tokoh Inspiratif, Local Hero, dan juga Generasi Muda.

Menteri Siti Nurbaya mengakui, dirinya menyadari sepenuhnya, bahwa keberhasilan mewujudkan capaian kinerja pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan tersebut hanya bisa dilakukan atas dukungan kerja sama yang baik serta peran aktif dari semua stakeholders.

Mulai dari komunitas peduli lingkungan, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan yang sangat penting juga kalangan generasi muda.

"Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya menyatakan apresiasi yang tinggi nya kepada semua pihak yang telah bahu-membahu, kerja keras tak kenal lelah memberikan kontribusinya untuk kemajuan pembangunan sektor lingkungan hidup dan kehutanan," ujarnya.

Diungkapkan Menteri Siti, sinergitas langkah ini bukan hanya manifestasi transformasi responsif birokrasi.

Lebih dari itu menjadi modalitas bersama bagi Pembangunan sektor lingkungan, yang dimiliki pemerintah, pemda, civil aociety, komunitas dan dunia usaha. 

Isu perubahan iklim, deforestasi dan degradasi lahan, serta kebutuhan energi terbarukan, senantiasa menuntut semua untuk terus berinovasi dan memunculkan gagasan-gagasan baru, menghemat energi air, lahan dan sumberdaya alam, mengelola iklim dan mengantisipasi risiko bencana.

"Sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif dan kontribusi nyata para insan individu maupun kaelompok dalam penanganan isu-isu lingkungan dan penyelamatan sumberdaya alam, maka pada Penyelenggaraan LIKE-2 ini, diadakan pula Malam Anugerah Penghargaan (Appreciation Night)," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menilai, selama kurun waktu 10 tahun terakhir pada dua masa periode pemerintahan (2015-2019) dan (2020-2024)) di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, KLHK secara responsif, adaptif dan progresif terus melakukan upaya perbaikan tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan. 

Perbaikan tata kelola tersebut disertai komitmen kuat dalam mewujudkan kualitas lingkungan dan keberlanjutan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan melalui kerja-kerja yang nyata. 

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #siti #nurbaya #paparkan #keberhasilan #klhk #selama #tahun #terakhir

KOMENTAR