Sudah Terima Undangan Upacara 17 Agustus di IKN, Megawati Bakal Hadir?
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (tengah) menemui awak media usai melihat pameran seni patung di Galeri Nasional, Jakarta, Kamis (8/8/20204). [Suara.com/Alfian Winanto]
21:04
8 Agustus 2024

Sudah Terima Undangan Upacara 17 Agustus di IKN, Megawati Bakal Hadir?

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah menerima undangan Upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) dari Istana Kepresidenan. Namun soal kehadiran masih situasional.

Surat undangan sudah diterima Megawati itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan awak media di Gedung Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2024).

"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai menteri sekretaris kabinet. Sehingga undangan sudah diterima dan kemudian ditimbang-timbang, karena 17 Agustus ini kan merupakan suatu peristiwa yang mahapenting, yang mengandung nilai-nilai patriotisme yang begitu besar, hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan yang sejati-jatinya," kata Hasto.

Hasto menegaskan, meski sudah menerima undangan, soal kehadiran masih situasional.

Baca Juga: Hadiri Pameran InaRI di Bogor, Megawati Kasih Pesan ke Pelajar: Jadilah Anak Bangsa Pintar, Punya Etika Moral-Nurani

"Namanya undangan, kan, untuk dapat memenuhi undangan, tetapi kami juga melihat situasionalnya," ujarnya.

Politisi asal Yogyakarta ini menyampaikan Ketum Megawati saat ini memberikan perhatian lebih menyiapkan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara Hari Ke-79 Kemerdekaan RI.

"Ibu Mega saat ini concern terhadap persiapan untuk Paskibraka yang akan dikirim ke IKN, dan semua telah dipersiapkan dengan detail," ungkapnya.

Kendati begitu ia menambahkan apa pun itu, prinsipnya Ketum Megawati sangat menghormati undangan dari Istana Kepresidenan.

"Tentang kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan sebagai Presiden kelima, tetapi nanti itu akan disampaikan (konfirmasi undangan) pada waktu yang tepat," tuturnya.

Baca Juga: Soal Kendaraan Tamu HUT RI di IKN, Heru Budi Sebut Pemerintah Sewa 1.000 Unit Alphard Hoaks!

Adapun dalam kesempatan meninjau pameran Megawati sempat ditanya oleh awak media soal apakah akan menghadiri undangan tersebut atau tidak. Megawati tak memberikan responsnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sudah #terima #undangan #upacara #agustus #megawati #bakal #hadir

KOMENTAR