79 Tahun Indonesia Merdeka, Ini Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus yang Bisa Dicontek
Ilustrasi Kemerdekaan - Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus (Freepik)
15:36
5 Agustus 2024

79 Tahun Indonesia Merdeka, Ini Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus yang Bisa Dicontek

Pembacaan doa menjadi salah satu hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan ketika pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Biasanya, doa dibaca ketika pembina upacara selesai menyampaikan amanat. Nah, di bawah ini terdapat contoh teks doa upacara 17 Agustus.

Isi doa saat upacara memperingati kemerdekaan biasanya diawali dengan ungkapan rasa syukur sebab saat ini Indonesia sudah merdeka dari belenggu penjajahan. Kemudian, doa biasanya ditutup dengan permohonan, agar segala harapan yang diungkapkan bisa dikabulkan.

Teks Doa Upacara 17 Agustus

Berikut ini adalah contoh teks doa upacara 17 Agustus yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: Syarat dan Cara Ikut Upacara 17 Agustus 2024 di IKN dan Istana Negara Jakarta

1. Contoh Ke-1 Doa Upacara 17 Agustus 

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Mulia.

Kami hadir di sini menyanjung-Mu dengan segala puja. Sebagai ungkapan syukur atas amat agung karunia Mu. Nikmat kemerdekaan ke 79 Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga Rahmat dan berkah-Mu abadi menyertai kami semua.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Mengilhami,
Bangkitkanlah semangat juang seluruh rakyat Indonesia. Untuk membangun dan mengabdi ibu pertiwi. Mempersembahkan karya dan mengukir prestasi. Mengerahkan daya dan kemampuan untuk membangun negeri.

Baca Juga: Contoh Teks MC Upacara 17 Agustus Lengkap dengan Susunan Acara HUT RI ke-79

Ya Allah Tuhan Yang Maha Menyatukan Hindarkan kami dari permusuhan dan perpecahan. Jauhkan kami dari saling menghina dan merendahkan. Masukkan kami dalam pemeliharaan-Mu yang tak terlenakan. Sehingga terpelihara persatuan dan persaudaraann di antara kami.

Ya Allah, Tuhan Penebar Cinta
Satukanlah hati dan pikiran seluruh anak bangsa ini dengan ikatan cinta. Cinta para pemimpin kepada segenap rakyatnya. Cinta segenap rakyat kepada para pemimpinnya. Cinta sesama saudara sebangsa. Cinta sesama umat manusia.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Mengampuni Ampunilah dosa dan kesalahan kami, Ampuni pula orang tua dan guru kami, Ampunilah seluruh tokoh bangsa dan pemimpin kami. Ampuni dan muliakanlah para pahlawan kami .
Ya Allah Tuhan tempat semua permohonan tertuju hanya kepada-Mu dimana semua doa dan cita bertumpu. Semoga dalam Ridha-Mu pemimpin dan rakyat bertemu. Berikhtiar membangun bangsa bahu membahu.

Semoga terus melaju untuk Indonesia Maju
 
2. Contoh Ke-2 Teks Doa Upacara 17 Agustus

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia akan bersimpuh dan mengangkat tangan mempersembahkan puji dan syukur kehadirat-Mu, atas karunia dan nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-79 tahun 2024 ini, Engkaulah Maha Pencipta alam semesta. Hanya kepada-Mu kami berserah diri dan beriman, dan hanya kepada-Mu lah kami
bertawakkal.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Dengan semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia ini,
berikanlah kami inspirasi yang tak henti untuk mengiringi langkah kami dalam menjadikan Indonesia lebih maju, Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, keadilan, persatuan dan kesatuan serta berkarya tanpa batas, mampu unggul diantara bangsa-bangsa di dunia.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu,
Jadikanlah detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi momentum untuk dapat merekatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa kami dengan sepenuh jiwa, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan antar sesama.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,
Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa-dosa ibu bapak kami, guru-guru kami, pahlawan kami dan para pemimpin kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada kami, yang rela berjuang dengan tetesan keringat, darah dan air mata, karena kami tahu Engkau maha pengampun dan maha penyayang.

3. Contoh Ke-3 Teks Doa Upacara 17 Agustus

Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa

Segala puji kami panjatkan atas ke hadirat-Mu dan atas nikmat tidak terhingga yang telah Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridha dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan kami dari penjajahan. Karenanya, perkenankanlah kami semua pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-79.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-79 ini, berikanlah ridha-Mu yang tiada terputus pada kami, untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang berwibawa, sejajar, dan berkompetisi dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Teguhkan persatuan dan kesatuan di antara kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami dan para pahlawan kami yang telah mengorbankan jiwa raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ampunilah segala kesalahan dan dosa mereka. Terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta angkat derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun

Dengan sifat 'Afuwwun Ghafuur-Mu, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan guru kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami, Ya Allah.

Demikian tadi contoh teks doa upacara 17 Agustus yang dapat dijadikan referensi. Semoga peringatan hari kemerdekaan Indonesia berjalan lancar dan khidmat.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #tahun #indonesia #merdeka #contoh #teks #upacara #agustus #yang #bisa #dicontek

KOMENTAR