PKS Dukung Bobby di Pilgub Sumut, Ini Alasan Tak Pilih Edy Rahmayadi
Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi. [Ist]
13:52
4 Agustus 2024

PKS Dukung Bobby di Pilgub Sumut, Ini Alasan Tak Pilih Edy Rahmayadi

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi memberikan dukungannya kepada Bobby Nasution untuk maju dalam Pilgub Sumut pada November 2024 mendatang.

Sebelumnya, banyak yang mengira bahwa Edy Rahmayadi akan diusung oleh PKS, namun keputusan ini berubah.

Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Indra Fauzan memberikan beberapa alasan mengapa PKS memilih Bobby daripada Edy.

Alasan pertama, Bobby unggul dalam berbagai survei, termasuk survei terbaru dari LSI yang menunjukkan Bobby mendapatkan 61,3 persen dan Edy hanya 30,6 persen. Unggulnya Bobby dalam survei membuat PKS yakin untuk mendukungnya.

"Tidak diragukan lagi di beberapa survei Bobby unggul jauh dari rivalnya. Ini cukup memberi keyakinan bagi PKS untuk meninggalkan Edy," katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu (4/8/2024).

Alasan kedua, kata Indra, PKS tidak akan mendapatkan keuntungan jika mendukung Edy. Jika terjadi koalisi PKS-PDIP, maka PDIP akan lebih mengutamakan kader mereka sendiri.

"Jadi jika posisi cagubnya Edy, maka posisi wagub dari internal PDIP sendiri. Dengan situasi sudah seperti ini, berat bagi PKS mengusung Edy Rahmayadi. Bahkan, mungkin juga bagi PDIP sendiri, mending mereka bertarung pakai kader sendiri," ujarnya.

Ketiga, posisi tawar PKS di koalisi nasional. Tak bisa dipungkiri lagi, ada keinginan PKS untuk masuk koalisi Prabowo-Gibran di ranah nasional.

"Maka salah satu jalannya adalah dengan mendukung Bobby Nasution. Gerindra-PKS sudah lama akrab dalam konstelasi politik, jadi keinginan PKS bergabung dengan Gerindra bisa direalisasikan dengan mendukung Bobby Nasution," papar Fauzan.

Keempat, PKS tentunya tidak ingin melepas Sumut yang selalu mereka kuasai.

"Setiap calon yang mereka usung dari 2008, 2013, 2018 selalu berhasil mereka menangkan. Rekor ini tentunya ingin dipertahankan oleh PKS. Jadi cukup realistis apabila mereka mendukung Bobby dan tidak mendukung Edy," katanya.

Editor: Suhardiman

Tag:  #dukung #bobby #pilgub #sumut #alasan #pilih #rahmayadi

KOMENTAR