Kominfo Meluncurkan Program untuk Bantu UMKM Tingkatkan Daya Saing di Era Digital
UMKM Level Up di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/8/2024). (Suara.com/Tantri A)
18:00
1 Agustus 2024

Kominfo Meluncurkan Program untuk Bantu UMKM Tingkatkan Daya Saing di Era Digital

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program “Adopsi Tekonologi Digital dan Akselerasi Bisnis bagi UMKM Tahun 2024”. Program ini bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digital.

Program ini selenggarakan di 19 lokasi di Indonesia untuk membantu UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis, serta mengembangkan usaha mereka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengatakan, sekitar 60 persen ekonomi Indonesia digerakan oleh UMKM dan  mampu memberikan kontribusi pertumbunhan dan kemajuan ekonomi Indonesia.

“Tapi menurut World Economic Forum 2023, banyak UMKM mengalami kendala dalam mengadopsi tekonologi digital,” ujarnya, dalam UMKM Level Up di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: Curhat Menkominfo Budi Arie: Judi Online Ancamannya Jelas bagi Indonesia Emas

Menurutnya, solusi dalam mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan teknologi digital yang dapat membantu produktivitas dan efisiensi bisnis UMKM.

Beberapa masalah yang dihadapi, utamanya termasuk keterbatasan finansial, kesenjangan keterampilan digital, talent gap dan tantangan siber. Untuk mencari solusi, Kominfo berusaha konsisten melakukan pemerataan talenta digital ke seluruh Indonesia.

“Kita berharap UMKM kita akan naik kelas terus. UMKM kita akan terus bergerak untuk naik kelas, supaya dapat bersaing bukan hanya di Indonesia, tapi juga di pasar dunia,”tutupnya

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #kominfo #meluncurkan #program #untuk #bantu #umkm #tingkatkan #daya #saing #digital

KOMENTAR