Cak Imin Ungkap Kemarahan Kemenag Saat Dikritik Soal Pelaksanaan Haji
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Suara.com/Dea)
16:56
23 Juli 2024

Cak Imin Ungkap Kemarahan Kemenag Saat Dikritik Soal Pelaksanaan Haji

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar membeberkan respons Kementerian Agama (Kemenag) saat dikritik soal pelaksanaan ibadah haji.

Politikus yang akrab disapa Cak Imin menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan haji ada sejumlah permasalahan, salah satunya ialah penumpukan jemaah haji karena lokasinya yang terbatas.

Selain itu, dia juga menjelaskan permasalahan lainnya seperti jemaah haji laki-laki dan perempuan yang tidurnya harus bertumpuk-tumpuk karena keterbatasan ruang.

Namun, Cak Imin mengungkapkan respons Kemenag saat kritik tersebut disampaikan. Dia menyebut Kemenag justru menunjukkan kemarahan dengan kritik tersebut.

Baca Juga: Syukuran Harlah PKB Ke-26, Cak Imin: Semua Parpol Diundang

“Malah kemarin dikritik, marah Kemenag, dikritik soal Minah orang tidur laki-laki dan perempuan bertumpuk dalam kondisi pakaian ikhrom, jawabannya sejak zaman nabi ya memang begitu, jawaban Kemenag, ini jawaban khas Indonesia,” kata Cak Imin di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Menurut Cak Imin, permasalahan seperti ini tidak bisa ditolerir sehingga diperlukan adanya solusi agar pelaksanaan haji bisa lebih baik ke depannya.

“Ini kita tidak boleh mentolerir ketidakberdayaan kita, karena saya setuju semakin lancar dan mudah ibadahnya insha Allah, pahala semakin tinggi dan besar,” tandas Cak Imin.

Diprotes Cak Imin

Sebelumnya warganet dibuat heboh dengan beredarnya foto jemaah haji perempuan dan lelaki digabung jadi satu tenda. Pasalnya, portret yang dibagikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini memperlihatkan pengelolaan ibadah haji harus segera dievaluasi.

Baca Juga: Jemaah Haji yang Dirawat di RS Saudi Tetap Jadi Tanggungan Pemerintah

Ilustrasi haji, umroh, kakbah, ucapan selamat menunaikan Ibadah Haji. (Pexels)Ilustrasi haji, umroh, kakbah, ucapan selamat menunaikan Ibadah Haji. (Pexels)

Cak Imin secara langsung mengunjungi Mina, Arab Saudi bersama tim pengawas haji membagikan potret jemaah haji perempuan dan lelaki berada dalam satu tenda.

Bahkan beberapa jemaah haji Indonesia terpaksa beristirahat di lorong, demi bisa tidur dengan leluasa.

"Lapor Pak, istirahat dan tidur banyak yang di lorong saja," ujar Cak Imin dalam cuitannya dikutip suara.com, Selasa (18/6/2024).

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #imin #ungkap #kemarahan #kemenag #saat #dikritik #soal #pelaksanaan #haji

KOMENTAR