Siapa Layak Pimpin Banten? Mengenal Lebih Dekat 5 Sosok Kandidat Pilgub 2024
Ilustrasi Pilkada. [Shutterstock]
11:20
13 Juli 2024

Siapa Layak Pimpin Banten? Mengenal Lebih Dekat 5 Sosok Kandidat Pilgub 2024

Beberapa tokoh politik daerah digadang sebagai kandidat calon Gubernur Banten mulai bertebaran. Diantaranya bahkan sudah menyerahkan formulir pendaftaran ke sejumlah partai politik.

Adapun sosok tersebut seperti halnya Airin Rachmi Diany, Arief Wismansyah, Rano Karno, Wahidin Halim, dan Achmad Dimyati.

Mereka merupakan kandidat yang akan meramaikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Inilah masing-masing profil pada kandidat pilgub Banten 2024 :

Baca Juga: Siap Lawan Koalisi Besar, PDIP Ibaratkan Duet Airin-Ade Bak Semut Lawan Gajah Di Pilgub Banten

Airin Rachmi Diany

Ketua DPD Partai Golkar Airin Rachmy Diany. (Suara.com/Rakha)Ketua DPD Partai Golkar Airin Rachmy Diany. (Suara.com/Rakha)

Airin Rachmi Diany lahir pada 28 Agustus 1976 dan merupakan mantan Wali Kota Tangerang Selatan periode 2011-2021. Airin mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Parahyangan Bandung.

Perempuan ini adalah wali kota pertama sejak berdirinya Kota Tangerang Selatan pada 2008. Selama memimpin, Airin berhasil membangun beberapa infrastruktur, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), gedung pelayanan publik, gedung inovasi center, gedung arsip, perpustakaan daerah, Stadion Mini Ciputat, dan community center.

Rano Karno

Rano Karno. [Dok. Instagram Rano Karno]Rano Karno. [Dok. Instagram Rano Karno]

Rano Karno lahir pada 8 Oktober 1960 dan ia adalah politikus, aktor, penyanyi, dan sutradara yang dikenal karena memerankan Doel dalam serial Si Doel Anak Sekolahan.

Baca Juga: Profil Rano Karno, Karier Politiknya Moncer hingga Jadi Gubernur dan Elite PDIP

Pada tahun 2007 Rano terjun ke politik dengan terpilih sebagai Wakil Bupati Tangerang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Tangerang 2008.

Sedangkan pada 2011 Rano Karno terpilih sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut Choisyah dan pada 2014 ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pelaksana tugas gubernur Banten.

Achmad Dimyati Natakusumah maju manjadi Calon Gubernur Banten.[Tangkapan layar video Paripurna]Achmad Dimyati Natakusumah maju manjadi Calon Gubernur Banten.[Tangkapan layar video Paripurna]

Politikus dengan nama lengkap Achmad Dimyati Natakusumah lahir pada 17 September 1966. Ia menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Padjajaran dengan mengambil Ilmu Hukum pada tahun 2012.

Dimyati juga pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang selama dua periode, yaitu 2000-2005 dan 2005-2009. Melanjutkan kariernya pada bidang legislatif dengan menjadi anggota dan diangkat menjadi Pimpinan Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 2009-2014.

Ia lalu diberi mandat jabatan sebagai wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Juli 2014 hingga Oktober 2014. Kini Dimyati sekarang menjabat sebagai anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Arief Rachadiono Wismansyah

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah bersama wakilnya, Sachrudin meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dihelat di Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung.Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah bersama wakilnya, Sachrudin meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dihelat di Pasar Induk Buah dan Sayur Jatiuwung.

Arief Rachadiono Wismansyah lahir pada 23 April 1977 yang juga merupakan mantan Wali Kota Tangerang pada 2013 hingga 2023. Arief merupakan lulusan S3 Universitas Hasanuddin Makassar pada 2024.

Arief merupakan Presiden Direktur PT Sari Asih Group dan mendapatkan penghargaan sebagai wakil wali kota termuda di Indonesia.

Arief menjabat sebagai wakil wali Kota Tangerang periode 2008-2013 dari Partai Demokrat mendampingi Wahidin Halim. Arief kemudian menggantikan Wahidin Halim sebagai wali kota Tangerang.

Profil Wahidin Halim, Mantan Gubernur Banten Yang Rumahnya Dilempari Ular (Dok.Pemprov Banten)Profil Wahidin Halim, Mantan Gubernur Banten Yang Rumahnya Dilempari Ular (Dok.Pemprov Banten)

Wahidin Halim merupakan seorang politisi Indonesia yang lahir pada 14 Agustus 1954. Wahidin menamatkan pendidikan S2 di Universitas Satyagama Ilmu Pemerintahan dan menamatkan S3 di Universitas Padjajaran Ilmu Pemerintahan pada 2013.

Wahidin terpilih sebagai wali kota Tangerang periode 2003-2004 dan mendapatkan penghargaan dari Presiden SBY. Pada 2017 Wahidin terpilih sebagai gubernur Banten didampingi Andika Hazrumy sebagai wakil.

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #siapa #layak #pimpin #banten #mengenal #lebih #dekat #sosok #kandidat #pilgub #2024

KOMENTAR