CEK FAKTA : Prabowo Dukung Airin Jadi Gubernur Banten, Benarkah?
Airin Rachmi Diany (instagram airinrachmidiany)
10:44
13 Juli 2024

CEK FAKTA : Prabowo Dukung Airin Jadi Gubernur Banten, Benarkah?

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 nampaknya mulai panas, salah satunya seperti di Provinsi Banten. Apalagi baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial TikTok yang menarasikan bahwa Prabowo Subianto mendukung Airin Rachmi Diany menjadi gubernur Banten.

Video cuplikan Prabowo mendukung Airin yang merupakan politisi Partai Golkar itu seperti diunggah akun TikTok @utama_prayoga dan menghebohkan publik.

Adapun narasi dalam akun tersebut berbunyi 'Doa bapak Prabowo Subianto untuk ibu Airin sebagai Gubernur Banten'.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, ternyata informasi itu tidak benar atau video tersebut sudah lama. Dilihat pada cuplikan tersebut saat kampanye Capres-Cawapres pada bulan Januari 2024 lalu.

Baca Juga: PPP Dipastikan Bakal Bergabung dengan KIM di Pilkada Banten Dukung Andra Soni

Saat itu Prabowo sebagai Presiden terpilih (Sekarang) memperkenalkan semua tokoh ulama dan politik, salah satunya Airin yang merupakan ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Banten.

Berikut bunyinya "Ibu Hajah Airin Rachmi Diany, Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran provinsi Banten. Insya Allah Gubernur Banten sebentar lagi," kata Prabowo dalam sambutannya.

Video dan kata-kata Prabowo itu memang benar ada, namun momen tersebut saat Ketum Partai Gerindra itu memperkenalkan ketika kampanye Pilpres 2024.

Jika dikaitkan pada Pilkada 2024 untuk Pilgub Banten sendiri, saat ini partai besutan Prabowo itu telah resmi mengusung Andra Soni - Dimyati Natakusumah untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Banten.

Dengan demikian, klaim bahwa Prabowo mendukung Airin di Pilkada 2024 tersebut tidak benar, video itu merupakan cuplikan sudah lama, dan saat ini Partai Gerindra sudah mengusung Andra Soni - Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten.

Baca Juga: Cuma Kelompok Relawan Tapi Cawe-cawe Pilkada, Begini Alasan Projo

Sekedar informasi, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan, DPP Gerindra sendiri sudah mengamanahkan surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk Andra-Dimyati.

"Calon gubernurnya saudara Andra Soni dengan wakil gubernur saudara Dimyati Natakusumah," katanya, dikutip dari Antara.

Muzani mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada partai-partai yang hampir dipastikan mendukung duet Andra-Dimyati, di antaranya seperti PKS, PAN, Nasdem, PSI, PKB, dan PPP.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #fakta #prabowo #dukung #airin #jadi #gubernur #banten #benarkah

KOMENTAR