Resmikan Bendungan Cipanas, Maruf Amin: Akan Berikan Banyak Manfaat Bagi Masyarakat
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas dj Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (9/7/2024). (Foto: BPMI Setwapres).
15:40
9 Juli 2024

Resmikan Bendungan Cipanas, Maruf Amin: Akan Berikan Banyak Manfaat Bagi Masyarakat

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat pada Selasa (9/7/2024). Bendungan ini disebut mampu menyuplai air untuk irigasi 9.273 hektare lahan pertanian.

Selain itu, Maruf juga menyebut bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lainnya.

“Bendungan ini akan menyediakan berbagai fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat, mulai dari sumber irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir dan pembangkit listrik,” ujar Maruf dalam keterangannya, Selasa (9/7/2024).

Kemudian, bendungan ini juga akan membantu meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas lahan pertanian di wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Kasus Cabul Hasyim Asya'ri, Wapres Maruf Ingatkan Moralitas Pejabat: Jangan Main-main Seperti di KPU!

“Tidak lupa, bendungan ini juga berpotensi untuk dijadikan daerah wisata baru,” ujarnya.

Ia pun meminta masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang, Indramayu dan sekitarnya memanfaatkan Bendungan ini dengan baik, terutama untuk mendongkrak ekonomi lokal melalui peningkatan produktivitas pertanian dan industri.

“Pembangunan bendungan akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di hilir bendungan, khususnya jalur irigasi yang berpengaruh langsung pada produktivitas pertanian,” pungkas Maruf.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #resmikan #bendungan #cipanas #maruf #amin #akan #berikan #banyak #manfaat #bagi #masyarakat

KOMENTAR