Sodorkan Nama Andika Perkasa dan Risma buat Pilkada Jakarta, PDIP Coba Dekati Gerindra dan PAN
Sodorkan Nama Andika Perkasa dan Risma buat Pilkada Jakarta, PDIP Coba Dekati Gerindra dan PAN. (Youtube PDI Perjuangan)
05:04
9 Juli 2024

Sodorkan Nama Andika Perkasa dan Risma buat Pilkada Jakarta, PDIP Coba Dekati Gerindra dan PAN

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengatakan, jika partainya coba membuka peluang untuk komunikasi dengan Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pilkada Jakarta 2024. 

Ia awalnya menyampaikan, jika dirinya mewakili PDIP sudah berkomunikasi dengan PKB membahas peluang nama kader PDIP Andika Perkasa dan Tri Rismaharini untuk Pilgub Jakarta. 

Namub ternyata, penjajakan tidak hanya dilakukan untuk PKB, tapi juga kata dia, dilakukan PDIP ke Gerindra dan PAN. 

"Kami awal kan menyampaikan, ada Pak Andika, ada Bu Risma, untuk DKI. Kan kami sudah bicara juga untuk mematangkan Jakarta dengan PKB," kata Said di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024). 

Baca Juga: Diduetkan PKS Bareng Sohibul Iman di Pilkada Jakarta, Pendukung: Itu Rezeki Anies, Bukan Penghambat

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah. [Suara.com/Bagaskara]Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah. [Suara.com/Bagaskara]

"Insyaallah dengan partai-partai lain, dengan Gerindra, juga dengan PAN," sambungnya. 

Ia mengatakan, terkait Pilkada semua masih dalam proses penggodokan di internal. Menurutnya, PDIP akan berhati-hati dalam mengusung calon di Pilkada. 

"Semua masih dalam proses penggodokan di internal. Berilah kami kesempatan. Karena Pilkada 2024 sangat strategis bagi PDIP menyongsong era regenerasi pasti ya. Sehingga PDIP akan lebih hati-hati untuk mengusung calon," pungkasnya. 

Andika Perkasa jadi Prioritas

PDIP mengaku jika nama Andika Perkasa menjadi prioritas untuk didorong maju di Pilgub Jakarta 2024. Ia mengatakan, nama Anies Baswedan juga masih jadi pertimbangan bagi PDIP. 

Baca Juga: Tantang Penyidik Rossa Purbo, Pimpinan KPK Ogah Tanggapi Ucapan Megawati, Kenapa?

"Yang pertama adalah di internal mulai diinventarisir nama-nama prioritas pertama pak Andika memang untuk calon gubernur DKI," kata Said di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). 

Kendati begitu, ia menegaskan, jika PDIP tak bisa sendirian maju di Pilgub Jakarta maka masih akan membutuhkan partai-partai lain untuk dijajaki kerja sama. 

Andika Perkasa (instagram/jenderaltniandikaperkasa)Andika Perkasa (instagram/jenderaltniandikaperkasa)

"Tentu tidak tunggal, Pak Andika, ada ibu Risma di antaranya juga untuk di Jakarta kemudian kami berkomunikasi dengan berbagai partai," ungkapnya. 

Said juga menyebutkan jika nama Anies juga masih dipertimbangkan oleh partainya untuk di Jakarta. 

"Sebagaimana yang disampaikan oleh Sekjen kami Pak Hasto Kristyanto bahwa Anies juga jadi bagian pertimbangan, iya, Anies bagian dari pertimbangan," katanya. 

Dalam rangka hal itu, ia juga sudah menjalin komunikasi dengan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Namun adanya itu semua belum dilaporkan kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Namun ini masih proses-proses awal yang belum masuk dalam rapat DPP dan belum dilaporkan kepada ibu ketua umum," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #sodorkan #nama #andika #perkasa #risma #buat #pilkada #jakarta #pdip #coba #dekati #gerindra

KOMENTAR