Kasus Asusila, Mobil Mewah Hingga Jet Pribadi, Borok Hedon KPU Dibongkar Mahfud MD!
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) memberikan keterangan pers terkait putusan DKPP yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap di Gedung KPU, Jakarta (3/7/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
15:28
8 Juli 2024

Kasus Asusila, Mobil Mewah Hingga Jet Pribadi, Borok Hedon KPU Dibongkar Mahfud MD!

Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud Md angkat bicara soal kondisi di tubuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang pemilihan kepala daerah atau pilkada yang akan berlangsung serentak di sejumlah daerah pada November 2024. Mahfud mengatakan dari daftar pejabat dan komisioner KPU lengkap yang ada sekarang, mereka sudah tak layak lagi menggelar pilkada serentak.

Pernyataan Mahfud tak lepas dari kasus yang belakangan menimpa eks Ketua KPU, Hasyim Asy’ari yang dipecat akibat tindakan asusila. Hal itu disampaikan Mahfud MD melalui akun X miliknya.

"Pasca putusan DKPP memecat Ketua KPU Hasyim Asy'ari kita terus terkaget-kaget dgn berita lanjutannya. Info dari obrolan sumber Podcast Abraham Samad SPEAK UP, setiap komisioner KPU sekarang memakai 3 mobil dinas yang mewah, ada juga penyewaan jet (utk alasan dinas) yg berlebihan, juga fasilitas lain jika ke daerah yang (maaf) asusila. DPR dan Pemerintah perlu bertindak, tidak diam," cuit Mahfud MD dikutip pada Senin (8/7/2024).

Politikus yang pernah mencalonkan sebagai Cawapres pada 2024 itu menilai perlu dipertimbangkan untuk pergantian semua komesioner.

Baca Juga: Begini Modus Berduit Hasyim Asyari Rayu Korban Pelecehan Seksual

"Secara umum KPU kini tak layak menjadi penyelenggara pilkada yang sangat penting bagi masa depan Indonesia. Pergantian semua komisioner KPU perlu dipertimbangkan tanpa harus menunda Pilkada November mendatang, Juga tanpa harus membatalkan hasil pemilu yang sudah selesai diputus atau dikonfirmasi oleh MK," katanya.

Daftar Pejabat dan Komisioner KPU

Plt. Ketua: Mochamad Afifuddin

Anggota: Betty Epsilon Idroos, Mochamad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, August Mellaz

Susunan Penanggung Jawab Divisi
1. Yulianto Sudrajat (Ketua) dan Parsadaan Harahap (Wakil Ketua) pada Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik.

Baca Juga: Harga Motor Mantan Ketua KPU Hasyim Asy'ari Timpang Jauh di LHKPN dan Pasaran: Segini Banderolnya

2. August Mellaz (Ketua) dan Betty Epsilon Idroos (Wakil Ketua) pada Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat

3. Betty Epsilon Idroos (Ketua) dan Mochammad Afifuddin (Wakil Ketua) pada Divisi Data dan Informasi

4. Parsadaan Harahap (Ketua) dan Yulianto Sudrajat (Wakil Ketua) pada Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan dan Penelitian dan Pengembangan.

5. Idham Holik (Ketua) dan August Mellaz (Wakil Ketua) pada Divisi Teknis Penyelenggaraan.

6. Mochammad Afifuddin (Ketua) dan Idham Holik (Wakil Ketua) pada Divisi Hukum dan Pengawasan.

Susunan Koordinator Wilayah

1. Parsadaan Harahap (Ketua) dan Yulianto Sudrajat (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Bengkulu, Kalimantan Timur, Maluku, dan Sulawesi Tenggara.

2. Yulianto Sudrajat (Ketua) dan Betty Epsilon Idroos (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Bali, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, dan Maluku Utara

3. Mochammad Afifuddin (Ketua) dan August Mellaz (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi Papua, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

4. Betty Epsilon Idroos (Ketua) dan Idham Holik (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi DKI Jakarta, Sumatera Barat, nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, dan D.I. Yogyakarta.

5. Idham Holik (Ketua) dan Parsadaan Harahap (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Barat, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Aceh, Sulawesi Barat, Sumatera Selatan dan Papua Barat Daya.

6. August Mellaz (Ketua) dan Mochammad Afifuddin (Wakil Ketua) pada Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jambi dan Riau.

STRUKTUR ORGANISASI SEKRETARIAT JENDERAL KPU RI

 Sekretaris Jenderal KPU: Bernad Dermawan Sutrisno

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Sekretaris Jenderal KPU dibantu oleh 2 (dua) Deputi dan Inspektorat Utama.

1. Deputi Bidang Dukungan Teknis: Eberta Kawima

Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu: Melgia Carolina Van Harling
Kepala Biro Logistik: Novy Hasbhy Munnawar
Kepala Biro Hukum: Andi Krisna
Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat: Cahyo Ariawan

2. Deputi Bidang Administrasi: SuryadiKepala Biro Perencanaan dan Organisasi: Mashur Sampurna Jaya
Kepala Biro Keuangan: Yayu Yuliani
Kepala Biro Umum: Kusmanto Riwu Djo Naga
Kepala Biro Sumber Daya Manusia: Yuli Hertaty
Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Barang Milik Negara: Nur Wakit Aliyusron

3. Inspektur Utama: Nanang PriyatnaInspektur Wilayah I: Bahtiar
Inspektur Wilayah II: Wahyu Yudi Wijayanti
Inspektur Wilayah III: Asep Suhlan 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kasus #asusila #mobil #mewah #hingga #pribadi #borok #hedon #dibongkar #mahfud

KOMENTAR