Puncak Bogor Mencekam! Penertiban PKL Berujung Kegelapan dan Ketakutan Wisatawan
Sejumlah kendaraan antre di jalur wisata Puncak, Cipayung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
07:36
5 Juli 2024

Puncak Bogor Mencekam! Penertiban PKL Berujung Kegelapan dan Ketakutan Wisatawan

Imbas penertiban pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu menyebabkan persoalan baru bagi pemerintah.

Pasalnya, saat ini banyak keluhan dari wisatawan yang menyebut bahwa kondisi Puncak Bogor saat ini sangat gelap usai pembongkaran PKL.

Bahkan, tak sedikit wisatawan yang merasa takut saat ini untuk berpergian malam hari lantaran kondisinya gelap.

Tak hanya itu, dengan kondisi yang gelap gulita menyebabkan jalan Puncak Bogor menjadi rawan kecelakaan.

Baca Juga: Video Viral Tukang Parkir Liar di Puncak, Dishub dan Polisi Saling Lempar Tanggung Jawab?

Hal itu seperti diungkapkan salah satu akun Instagram bernama @radiandwi12.

Dirinya memberikan saran kepada pemerintah setempat untuk menambahkan unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di kawasan Puncak dan petugas yang berjaga.

“Cuma minta tolong PJU nya di banyakin, polisi yang siap patroli 24 jam sama satuan keamanan setempat,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor akan menyulap lokasi bekasi pedagang kaki lima (PKL) Puncak Bogor, Jawa Barat dalam waktu dekat.

Kabar tersebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu, yang akan melakukan penataan bekas lapak PKL Puncak Bogor tersebut menjadi pedestrian hingga taman.

Baca Juga: Mengintip Kondisi Rest Area Gunung Mas Usai Penertiban PKL Puncak Bogor

Menurut Asmawa, hal itu disampaikan saat rapat koordinasi dengan jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu kemarin.

Bahkan kata dia, penataan Kawasan Puncak ini didukung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ini menjadi arahan langsung Menteri PUPR RI kepada jajaran di Kementerian PUPR khususnya Cipta Karya dan Bina Marga untuk segera melakukan tindak lanjut dari permohonan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui surat yang sudah kami sampaikan," ungkapnya.

Ia menjelaskan tempat-tempat bekas lapak PKL di sepanjang Jalur Puncak akan dipercantik dengan pelebaran jalan, pembangunan pedestrian, taman, serta pemasangan lampu hias hingga pagar.

“Ini termasuk juga penambahan areal parkir Rest Area Gunung Mas yang harus kami koordinasikan dengan PTPN,” kata Asmawa.

Diketahui, ia memimpin langsung penertiban PKL di Kawasan Puncak pada Senin (24/6), meski mendapat penolakan dari sebagian pedagang.

Asmawa memastikan perekonomian pedagang kaki lima di Kawasan Wisata akan menjadi lebih baik setelah pindah ke Rest Area Gunung Mas.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #puncak #bogor #mencekam #penertiban #berujung #kegelapan #ketakutan #wisatawan

KOMENTAR