Profil Mentereng Bakal Calon Gubernur Papua Tengah Meki Nawipa
Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan rekomendasi dukungan kepada Meki Fritz Nawipa (kiri) dan Deinas Geley (kanan) sebagai bakal calon gubernur dan cawagub Papua Tengah 2024. (Suara.com/Novian)
20:08
1 Juli 2024

Profil Mentereng Bakal Calon Gubernur Papua Tengah Meki Nawipa

Partai Amanat Nasional (PAN) telah memberikan rekomendasi dukungan kepada Meki Fritz Nawipa sebagai bakal calon gubernur Papua Tengah 2024. Meki diketahui merupakan politisi dari PDI Perjuangan.

Meki diketahui memiliki pengalaman satu periode sebagai Bupati Paniai. Meki yang dipasangkan dengan politikus PAN Deinas Geley ini optimis bakal memenangkan pemilihan kepala daerah di Papua Tengah.

Sebelum terjun ke dunia politik, diketahui Meki merupakan jebolan Sekolah Pilot Misionaris Australia. Ia bekerja sebagai Kapten Pilot selama 15 Tahun dan berpengalaman menerbangkan pesawat perintis di pedalaman Tanah Papua.

Meki Nawipa yang akrab disapa Mepa adalah anak dari ayah bernama Yahya Nawipa dan ibu bernama Ruth Gobai. Ia lahir pada 6 Mei 1978 di Enarotali, Kabupaten Paniai.

Baca Juga: Resmi! PAN Dukung Meki Nawipa Dan Deinas Geley Di Pilgub Papua Tengah

Mepa kecil memulai pendidikan dari Sekolah Dasar YPPI Kebo 1, Paniai pada 1985-1990.

Mepa remaja kemudian melanjutkan sekolah SMP Negeri Aradide, Paniai, 1990-1993 dan SMA Negeri 5 Jayapura, Papua, 1993-1996.

Lulus dari sekolah menengah atas, Mepa kemudian mengikuti pendidikan di Bible Collage Of Victoria
Melborne Australia 2001-2005. Beberapa tahun berikutnya ia kuliah di Universitas Cendrawasih Jayapura Papua, 2019-2023.

Selain mengikuti pendidikan formal, Mepa juga mengikuti sejumlah pelatihan, di antaranya di Deraya Flying School Jakarta 1998-2000; MAF Flight Training Centre, PNG 2001; English Education Centre, Jakarta 2001; Box Hill Institut TAFE Melbrone Australia 2001.

Sebelum Mepa menjadi bupati, Mepa lebih dahulu bekerja di sejumlah maskapai. Riwayat pekerjaan Mepa sebagai berikut: MAF Sentani 2000-2001, Susi Air 2005-2010, Alfa Trans 2010-2014, Tariku Aviation 2014-2018. Setelahnya Mepa menjadi Bupati Paniai periode 2018-2023.

Baca Juga: Willem Wandik Unggul Di Survei Pilgub Papua Tengah

"Saya datang dari penerbang," kata Mepa ditemui usai dirinya menerima dukungan dari PAN di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).

Mepa menjabat sebagai Wakil Ketua Bappilu PDIP mulai 2023 hingga sekarang.

Pada 2018, Mepa dipercaya masyarakat Paniai menjadi Bupati Kabupaten Paniai, Provinsi Papua yang kini menjadi Provinsi Papua Tengah. Ia menjabat satu periode pada 2018-2023.

Target di Papua Tengah

Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Papua Tengah Meki Fritz Nawipa dan Deinas Geley memiliki prioritas dalam vivi misi jika terpilih pada Pilkada serentak 2024. Meki ingin berfokus membangun konektivitas antarwilayah di Papua Tengah.

Wilayah Papua Tengah yang memiliki daerah pegunungan membutuhkan konektivitas jalan yang bisa menghubungkan antarwilayah. Melalui wilayah yang saling terhubung, diharapkan stabilitas harga pangan bisa terjaga.

"Oh iya kalau kita kan kebanyakan di gunung dan transportasi menjadi utama kan. Jadi fokus kami besok itu bagaimana pastikan konektivitas pergerakan manusia, pergerakan logistik sehingga percepatan pembangunan itu jalan," kata Meki ditemui usai menerima dukungan di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).

Selain itu Meki juga akan memastikan komitmen terhadap masyarakat adat di Papua Tengah.

PAN Resmi Dukung Meki Nawipa Dan Deinas Geley Di Pilgub Papua Tengah. (Suara.com/Novian)PAN Resmi Dukung Meki Nawipa Dan Deinas Geley Di Pilgub Papua Tengah. (Suara.com/Novian)

"Jadi menurut saya itu kita buat yang lebih baik, kestabilan daerah akan jalan, pendekatan secara sosial budaya, suku akan kita buat, dan itu sudah pasti. Pasti akan jalan yang baik," kata mantan Bupati Paniai itu.

Terlepas dari pembangunan secara infrastruktur, Meki dan Deinas juga akan membangun sumber daya manusia (SDM) di Papua Tengah.

"Ini provinsi baru, jadi kita akan melihat. Fokus pertama adalah bagaimana kestabilan tapi juga SDM harus kita kerja keras. Mulai dari Paud sampai di atas," kata Meki.

Sebelumnya, Meki dan Deinas resmi mengantongi dukungan dari PAN untuk maju sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Papua Tengah pada Pilkada serentak 2024.

Dukungan itu diberikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada Meki dan Deinas dengan menyerahkan surat keputusan (SK) di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan.

Meki menyampaikan kekinian sudah ada sejumlah partai yang bakal menyusul sikap PAN mengekuarkan rekomendasi untuk mengusung ia dan Deinas di Pilkada Papua Tengah.

Kekinian kata dia, rekomendasi tersebut masih dalam proses sebelum akhrinya resmi diberikan menjadi gabungan parpol untuk membentuk koalisi.

"Sekarang ini sudah enam partai sudah final nanti kita lihat," kata Meki ditemui Suara.com.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #profil #mentereng #bakal #calon #gubernur #papua #tengah #meki #nawipa

KOMENTAR