Kaesang Mendingan Maju Pilkada Jateng Deh, Pengamat Ungkap Alasannya
Ketum PSI Kaesang Pangarep blusukan ke wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024). (bidik layar video)
15:28
27 Juni 2024

Kaesang Mendingan Maju Pilkada Jateng Deh, Pengamat Ungkap Alasannya

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep disarankan maju di Pilkada Jateng. Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu dinilai lebih besar peluangnya jika ikut Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Analis politik M. Qodari melihat Kaesang punya peluang cukup bagus di Jawa Tengah. Sebab, belum ada figur yang dominan di Jateng.

Karena itu, dia menyarankan untuk maju di Pilgub Jateng daripada DKI Jakarta. "Ketimbang mengusulkan di Jakarta, menurut saya lebih menarik, lebih mungkin kalau mengusung di Jawa tengah," ujarnya dikutip dari kanal YouTube Total Politik pada Kamis (27/6/2024).

Pertimbangan yang membuatnya yakin menyarankan Kaesang maju di Pilgub Jateng ialah sosok Jokowi. Presiden memiliki pengaruh yang masih cukup kuat.

Baca Juga: Oke Gas! Modal Ridwan Kamil di Jabar Lebih Kuat Dibanding Lawan Anies di Jakarta

Qodari kemudian menganoligikan dengan kemenangan pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ini kan salah satu diskusi yang banyak dibahaskan pengaruh Jokowi di Pilkada, menurut saya pengaruh Jokowi di Pilkada paling kuat itu adalah di Jawa tengah. Kalau Kaesang maju gubernur, bahkan itu bisa di atas Bobby yang maju gubernur di Sumatera Utara," katanya.

"Karena Kaesang ini anaknya Pak Jokowi, nah yang kedua ya pasangan Prabowo-Gibran itu mampu memenangkan pilpres di Jawa tengah dan saya haqul yakin mayoritas orang kalau ditanya elit (partai), maksud saya tahun lalu apakah Prabowo-Gibran bisa menang di Jawa tengah, saya yakin lebih 50 persen mengatakan enggak bisa karena itu dianggap sebagai kandang banteng," imbuhnya.

Namun kenyataannya pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran yang menang pada Pilpres 2024.

Dia juga menyebutkan, calon-calon yang muncul di Jateng tidak sekeras di DKI Jakarta. "Di Jawa tengah kan apalagi situasinya pertarungan di sana itu belum ada hiunya kalau Jakarta nih hiu," katanya.

Baca Juga: Respons PKS soal PDIP Tertarik dengan Anies dan Ingin Prasetyo jadi Cawagub Jakarta

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #kaesang #mendingan #maju #pilkada #jateng #pengamat #ungkap #alasannya

KOMENTAR