Sosok Dua Ustaz Bakal Bertarung di Pilgub Riau, Sama-sama Putra Kampar
Kolase Ustaz Mawardi Saleh dan Ustaz Sofyan Siroj, calon Wakil Gubernur Riau. [Dok PKS Riau]
16:04
20 Juni 2024

Sosok Dua Ustaz Bakal Bertarung di Pilgub Riau, Sama-sama Putra Kampar

Dua ustaz yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau dikabarkan akan menjadi bakal calon Wakil Gubernur Riau periode 2024-2029. Keduanya adalah Ustaz Mawardi Muhammad Saleh dan Ustaz Sofyan Siroj.

Mawardi Saleh akan mendampingi bakal calon Gubernur Riau Syamsuar, sedangkan Sofyan Siroj menjadi pasangan duet Edy Natar Nasution.

Berikut ini sosok dua ustaz bakal maju di Pilkada Riau  yang merupakan putra kelahiran Kampar.

Ustaz Mawardi Saleh

Baca Juga: Deretan Calon Gubernur Riau Sudah Temukan Duetnya di Pilkada 2024

Dr H Mawardi Muhammad Saleh Lc MA merupakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau. Ia kembali diamanahkan sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar untuk periode 2023-2028.

Ustaz Mawardi Saleh lahir di Bangkinang, Kampar pada 24 Juni 1969. Ia mampu meraih prestasi tertinggi di Universitas Islam Madinah. Tahun 2004 lalu, dia menamatkan program doktornya di bidang fiqih dan ushul fiqih dengan predikat Summa Cum Laude dengan nilai A Plus.

Dosen ini menempuh jenjang S1 di Universitas Madinah tahun 1990. Di tingkat ini, setiap semester juga dia lalui dengan predikat summa cum laude. Tahun 2000, ia menyelesaikan pendidikan S2-nya, dengan tesis berjudul Tahqiq al-Matlabal ‘Aliy fi Syarhi Wasith al-Imam al-Ghazali. 

Mawardi adalah orang Indonesia kelima yang meraih doktor di Universitas Madinah. Empat sebelumnya yakni Dr Salim Segaf al-Jufri, Dr Ahsin Sakha, Dr Abd Muhith, dan Dr Hidayat Nurwahid. Ia menulis tesis setebal 900 halaman yang berisi studi tentang filologi terhadap buku al-Matlabul Aliy, sebuah kitab fiqih terbesar dalam mazhab Syafii, karya Ibnu Rif’ah. 

Selain masuk ke dunia politik, Mawardi saat ini aktif berdakwah. Pria Kampar tersebut namanya juga sering disebut oleh penceramah kondang Ustaz Abdul Somad atau UAS.

Baca Juga: 7 Figur Bakal Jadi 'Penantang' Syamsuar di Pilgub Riau 2024

Ustaz Sofyan Siroj

Dr (HC) H Sofyan Siroj Lc MM merupakan anggota DPRD Riau dari fraksi PKS. Ia lahir di sebuah desa bernama Santul, Air Tiris Kabupaten Kampar. 

Pria jebolan Universitas Al Azhar Cairo Mesir ini adalah anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan Abdul Wahab dan Siti Khadijah.

Ayahnya seorang aktivis gerakan Muhammadiyah berprofesi Pedagang Karet, sedangkan sang Ibu, menganut Pemahaman Perti (Persatuan Tarbiyah) sehingga melengkapi pemikirannya sejak dini.

Sofyan Siroj mengawali pendidikan dasar di kampungnya SDN 009 Santul dan SMP Filial Air Tiris. Tinggal di lingkungan keluarga dan pendidikan agamis mendorongnya untuk memutuskan untuk belajar ke Pondok Modern Gontor Darussalam.

Tahun 1987-1989, ia mengabdi di Pondok Pesantren Al-Kautsar di Kulim Pekanbaru sekaligus sebagai pimpinan. Setahun kemudian, dia belajar Al-Azhar Mesir dan mengambil fakultas ushuluddin jurusan al-Hadits hingga 1995.  

Setelah kuliah, Sofyan Siroj mengajar di makhad al Hikmah juga Alqudwah dan Arrisalah di Jakarta dan Depok. Selanjutnya, menjadi dosen tetap di UIR dan diminta menjadi imam besar masjid kampus tersebut. 

Tahun 1999, Sofyan berhenti menjadi dosen lantaran menjabat Ketua DPD Partai Keadilan Pekanbaru. Tahun 2000, ia menjadi satu-satunya Anggota Legislatif PK di DPRD Pekanbaru yang saat itu bergabung dengan fraksi PAN.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #sosok #ustaz #bakal #bertarung #pilgub #riau #sama #sama #putra #kampar

KOMENTAR