Beda Nasib! Harta Euis Ida Wartiah Terus Bertambah, Legislator yang Ngenyek Guru Honorer
Harta Fantastis Euis Ida Wartiah, Legislator yang Ngenyek Guru Honorer di Garut [Instagram]
11:48
16 Juni 2024

Beda Nasib! Harta Euis Ida Wartiah Terus Bertambah, Legislator yang Ngenyek Guru Honorer

Aksi tak terpuji diduga dilakukan oleh legislator bernama Euis Ida Wartiah. Anggota DPRD Garut, Jawa Barat itu dituding melontarkan kalimat ejekan kepada guru honorer yang sedang memperjuangkan haknya.

Aksi tak patut yang dilakukan oleh Euis itu pun viral dan membuat kemarahan publik di platform sosial media. Pada video yang viral itu, Euis terekam kamera mengucapkan kalimat sindiran kepada guru honorer.

"Mangga nangisna sing sae" (silakan menangisnya yang bagus) kata Euis kepada guru honorer yang sedang duduk menangis di lantai, seperti dilihat dari video viral, Minggu (16/6/2024).

Ucapan tak simpatik dari Euis ini pun membuat guru honorer lain bereaksi keras.

Baca Juga: Rp800 Ribu Tarif Ambulans Terlalu Mahal, Orang Tua Terpaksa Antar Jenazah Bayi Naik Ojol

"Ibu kita minta baik-baik lho, Bu, kita minta (respons) dari Ibu. Kita tidak mau apa-apa kita minta baik-baik, Bu," ungkap salah satu guru.

Tak mempedulikan ucapan guru honorer itu, Euis dalam video berjalan begitu saja meninggalkan mereka. Euis kemudian buka suara soal video viralnya itu.

Euis mengatakan saat itu ia ingin keluar dari gedung DPRD Garut namun sejumlah guru honorer menghalangi dan sempat mendorong mobilnya. Euis pun mengatakan bahwa ia tak tahu apakah guru honorer itu menangis atau pura-pura menangis.

"Saya sudah di dalam mobil, itu mobil digoyang-goyang oleh guru honorer yang sedang menangis atau pura-pura menangis saya tidak tahu," kata Euis.

Euis berdalih ucapannya itu tidak bermaksud menyakiti guru honorer yang sedang menuntut haknya.

Baca Juga: Ini Alasan Oki Rengga Marah Usai Bung Towel Dilempar Botol, Netizen Ngakak

Peristiwa ini berawal saat sejumlah guru honorer berunjukrasa di depan kantor DPRD Garut pada Jumat 15 Juni 2024. Para guru menuntut agar mereka mendapat gaji yang layak.

Para guru seperti dikutip dari sejumlah sumber hanya meminta upah mereka sebesar Rp1,5 juta per bulan. Upah ini untuk para guru honorer yang tidak lolos menjadi PNS ataupun ASN P3K.

Euis Ida merupakan politisi partai Golkar. Ia sudah menjadi anggota DPRD Garut sejak 2009. Di tahun itu, Euis melaporkan harta kekayaan miliknya hanya Rp913.408.000

Dikutip dari data LHKPN KPK, harta Euis terus beranjak dari 2009 hingga 2024. Pada perodik 2019, harta Euis tercatat Rp1.621.930.304

Lalu di periodik 2022, Euis melaporkan harta kekayaannya sebesar Rp2.069.456.500. Sementara di laporan terakhir Euis pada 31 Desember 2023, hartanya kembali bertambah menjadi Rp2.198.600.000.

Dari laporan periodik 2023, Euis diketahui memiliki harta berupa tanah dan bangunan dengan nilai total sebesar Rp1.700.000.000. Tanah dan bangunan milik Euis semuanya berada di kota Garut, Jawa Barat.

Untuk alat transportasi, Euis melaporkan ia memiliki mobil listrik Wuling tahun 2023 yang nilainya mencapai Rp250 juta.

Euis Ida juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp307 juta. Selain itu, ia tercatat memiliki utang sebesar Rp90 juta.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #beda #nasib #harta #euis #wartiah #terus #bertambah #legislator #yang #ngenyek #guru #honorer

KOMENTAR