Profil Condro Kirono, Eks Kapolda Riau Jabat Komisaris Pertamina
Komjen Pol (Purn) Condro Kirono. [Dok Wikipedia]
15:04
12 Juni 2024

Profil Condro Kirono, Eks Kapolda Riau Jabat Komisaris Pertamina

Jenderal Bintang Tiga Polisi, Condro Kirono diangkat menjadi komisaris independen PT Pertamina (Persero) oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Petunjukan mantan Kapolda Riau di kursi komisaris tersebut sesuai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Jakarta pada Senin (10/6/2024). 

Condro Kirono tercatat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 lalu. 

Sebenarnya, sebelum menjadi Komisaris Independen Pertamina 2024, Condro juga pernah dipercaya menjabat di sejumlah posisi strategis di pemerintahan. Antara lain Komisaris Independen PT Pos Indonesia pada 2021 dan Komisaris Pertamina pada 2019.

Baca Juga: Sederet Elite Tim Kampanye Prabowo-Gibran Jadi Komisaris BUMN

Berikut ini profil Condro Kirono, eks Kapolda Riau kini jabat Komisaris PT Pertamina.

Profil Condro Kirono
Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Drs Condro Kirono, MM MHum merupakan pria kelahiran Solo Jawa Tengah pada 12 Desember 1961. Jabatan terakhir jenderal polisi ini adalah Analis Kebijakan Utama Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri.

Condro Kirono merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1984 ini berpengalaman dalam bidang Lantas. Di bidang pendidikan kepolisian, ia sempat mengenyam pendidikan di PTIK, SESPIM, SESPATI dan Lemhanas Polri.

Dia pernah mendaftar di akademi keperawatan di Surabaya sebelum menjadi anggota Polri. Namun, tak berhasil lulus untuk menjadi calon tenaga kesehatan.

Condro yang ingin menjadi prajurit angkatan laut lalu mendaftar ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau AKABRI. Akan tetapi, hasil tes psikologi, Condro diarahkan untuk menjadi anggota kepolisian. 

Baca Juga: Dompet Tebal dan Mobil Rp2 M Condro Kirono Komisaris Anyar PT Pertamina

Dia pun akhirnya menempuh pendidikan di Akpol. Setelah lulus dari akademi, karier ia di kepolisian semakin bersinar dalam teknis divisi lalu lintas (lantas). 

Condro dipercaya menjadi Kapolresta Tegal, Jawa Tengah (2002), Wadirlantas Polda Sumatera Utara (2003) dan Kapoltabes Yogyakarta (2004). Pada 2006, dia bertugas sebagai Kapoltabes sebelum dipromosikan menjadi Dirlantas. 

Dia menduduki jabatan ini di sejumlah wilayah, seperti Polda Kalimantan Selatan (2006), Polda Jawa Timur (2007) dan Polda Metro Jaya (2008). Pada 2010, ia ditugaskan sebagai Karobinops Sops Polri. 

Condro Kirono menjadi Kapolda Riau pada 2013 sebelum mengisi posisi Kakorlantas Polri (2014). Setelah dari Mabes Polri, ia kemudian menjabat Kapolda Jawa tengah (2016).

Pada Pilpres 2024, Condro dipercaya menjadi salah satu Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #profil #condro #kirono #kapolda #riau #jabat #komisaris #pertamina

KOMENTAR